Uniknya Rayap

Rayap atau anai-anai merupakan jenis serangga sosial yang hidup berkoloni. Serangga rayap ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda pada masing-masing daerah. Misalnya di Sumatera rayap ini disebut anai-anai, di Jawa Tengah rayap disebut rangas, dan di daerah Jawa Barat hewan rayap ini disebut rinyuh atau sumpiyung. Wah ternyata nama-nama lain dari rayap cukup unik juga ya. Lalu bagaimana dengan penggolongan dari spesies rayap? Taksonomi atau penggolongan suatu spesies merupakan salah satu penggolongan yang sulit dilakukan karena tingginya tingkat kemiripan antar jenis rayap dalam masing-masing famili.

Spesies ini tergolong dalam kingdom Animalia dengan kelas Insekta dan ordo Isoptera.Spesies ini sudah hidup sejak 200 juta tahun yang lalu sehingga termasuk binatang purba. Selain itu, spesies ini juga memiliki banyak hal-hal unik lainnya yang mesti anda ketahui. Dibaca dari nama-namanya di setiap daerah di Indonesia saja sudah bermacam-macam. Jenis rayap yang tersebar di seluruh dunia mencapai 2.500 spesies yang terbagi ke dalam 6 famili, 15 subfamili, dan 200 genus. Di antara jenis-jenis tersebut terdapat 120 spesies yang menjadi hama. Serangan serangga ini memang banyak menimbulkan kerugian ekonomi yang besar. Di antara beragam jenis yang ditemukan di Indonesia, terdapat jenis rayap endemik yang hanya dapat ditemukan di negara ini karena kondisi alam Indonesia yang sangat mendukung perkembangan rayap endemik. Fumida selalu menyediakan layanan jasa pembasmi rayap untuk anda semua yang berada di Jakarta.

 

Di Indonesia terdapat kurang lebih 20 spesies yang telah diketahui sebagai hama perusak kayu maupun hama perusak tumbuhan. Jenis rayap yang paling banyak menimbulkan kerusakan adalah golongan rayap tanah Famili Rhinotermitidae terutama dari genus Coptotermes dan Schedorhinotermes serta sebagian anggota Famili Termitidae.  Namun jangan terlalu khawatir karena sekarang sudah ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk membasmi rayap. Di sisi lain, rayap yang dikenal sebagai hama perusak kayu ini ternyata memiliki peranan lain yang penting bagi lingkungan di sekitarnya. Jadi jangan berfikiran jelek terus tentang rayap, karena rayap juga memiliki manfaat yang tidak diduga sebelumnya.