Tips untuk Menjaga Kebersihan Bayi Sepanjang Hari

Bayi Anda cenderung mudah terkena infeksi bakteri dan juga virus yang disebabkan karena sistem imunnya yang masih belum stabil. Anda perlu menjaga kesehatannya agar tumbuh kembang bayi tidak terganggu dan dapat berjalan dengan optimal. Anda perlu menjaga kebersihannya agar bayi tetap sehat tanpa kuman dan bakteri dengan tips berikut ini.

  1. Membersihkan Mata Bayi

Bayi akan terlihat tidak bersih jika pada bagian matanya terdapat kotoran yang mengering. Anda harus membersihkannya dengan rutin tanpa terlupa mengingat pada bayi yang berusia 0 – 1 bulan akan cenderung memiliki kotoran pada mata.

Saat membersihkan Anda harus menggunakan sapu tangan yang lembut dan bersih jika perlu membasahinya sedikit agar mudah membersihkan kotoran pada mata. Terutama saat bangun tidur dan juga siang hari. Jangan biarkan kotoran mata sampai jatuh ke pipi bayi karena akan membuat bayi Anda terlihat kotor sekalipun telah mandi.

  1. Menjaga Hidung

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif sehingga Anda perlu hati-hati dalam membersihkan organ tubuh bayi. Hidung juga merupakan bagian pada tubuh bayi yang harus Anda bersihkan. Kotoran yang menumpuk pada lubang hidung akan membuat bayi Anda terlihat kotor.

Jika bayi Anda mengalami flu pastikan Anda membersihkannya dengan menggunakan handuk yang telah dibasahkan dengan air hangat. Anda bisa melakukannya saat bayi mandi atau setelahnya. Jika telah diberikan makanan pendamping ASI agar kebersihan terjaga pastikan Anda membersihkan bagian wajahnya setiap selesai makan.

  1. Membersihkan Telinga

Cara menjaga kebersihan bayi sepanjang hari juga dengan memperhatikan kebersihan telinganya. Anda harus membersihkan telinga bayi hingga ke bagian dalam dengan menggunakan alat pembersih yang aman. Tidak hanya bagian dalam tetapi juga bagian luar telinga dan bagian belakangnya.

  1. Memandikan Tubuh Hingga ke Sela-Sela

Saat memandikan bayi Anda harus membersihkannya hingga ke bagian sela-sela dan lipatan tubuh bayi. Terutama saat siang hari dan cuaca yang panas, keringat bayi akan banyak keluar. Anda bisa membersihkannya dengan baby oil yang bisa melindungi dan mencegah kulit bayi dari iritasi.

Baby oil bisa Anda dapatkan dengan berbelanja di toko perlengkapan bayi secara online di website orami.com. Khusus untuk wilayah Jakarta, Anda bisa menggunakan jasa Jakarta great online sale yang tersedia dengan mudah dan murah.

  1. Kebersihan Kuku Jari

Kuku bayi yang panjang akan membuat banyak kotoran menempel. Terlebih pada bayi yang telah diberikan makanan pendamping ASI kotoran akan menempel lebih banyak. Anda perlu mengguntingnya setiap sebulan sekali agar tidak melukai tubuh bayi Anda.

Kebersihan bayi Anda perlu dibersihkan secara rutin terutama saat selesai makan. Kebersihan bayi harus dijaga mulai dari pakaiannya, kebersihan tempat tidurnya, dan juga seluruh perlengkapan yang Anda gunakan. Pastikan Anda menggunakan sabun pembersih baik sabun mandi atau pun sabun cuci yang berkualitas dan aman digunakan.