Tips Perawatan Anis Merah Paling Efektif

anis merah

Tips Perawatan Anis Merah Paling Efektif – Burung anis merah merupakan burung kicau yang sangat terkenal di kalangan pecinta burung di Indonesia. Burung anis merah ini, terdapat di berbagai macam pulau di Indonesia. Seperti Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali. Selain memiliki kicauan yang merdu yang unik dari anis merah ini adalah gaya telernya.

Anis merah yang memiliki gaya teler, akan lebih menarik perhatian. Namun, untuk mendapatkan anis merah agar cepat teler, dibutuhkan perawatan yang membutuhkan kesabaran. Bagaimana sih cara merawat anis merah agar cepat teler ? berikut adalah tips perawatan anis merah yang paling efektif dan tentunya membuat anis merah cepat teler.

Tips Perawatan Anis Merah

anis merah

1. Memberikan Kerodong yang Full

Memberikan kerodong yang full sangat penting dilakukan dalam perawatan anis merah. Memberi kerodong bertujuan untuk menciptakan suasana yang nyaman ditengah banyaknya gangguan. Gangguan tersebut diantaranya yaitu padatnya aktivitas manusia, lingkungan yang sering dilalui oleh hewan-hewan dan berbagai macam gangguan lainnya yang membuat suasana tidak kondusif. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan pengkrodongan sekitar 4-5 hari.

2. Rutin Melakukan Pengembunan

Setelah dilakukan pengkrodongan selama 4-5 hari selanjutnya lakukan pengembunan burung anis merah tanpa kerodong. Hal ini bertujuan agar burung anis merah mendapatkan suasana yang nyaman dan sejuk. Suasana yang nyaman dan sejuk inilah membuat burung anis merah cepat teler dan tentunya memiliki suara yang ngeplong.

3. Letakkan Sangkar di Tempat yang Aman

Yang dimaksud meletakkan sangkar di tempat yang aman adalah menjauhkan burung anis merah dari keramaian. Letakkan ditempat yang memiliki hembusan angin yang sejuk atau di dekat tempat yang memiliki gemricik air. Tempat seperti inilah yang disukai oleh burung anis merah. Sehingga burung anis merah tertarik untuk mengeluarkan bunyi dan gaya telernya.

4. Memberikan Ekstra Fooding

Dalam melakukan perawatan burung anis merah, memberikan ekstra fooding atau makanan tambahan sangatlah penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk melengkapi nutrisi burung anis merah. Sehingga tubuh anis merah ini akan tetap terjaga dan memiliki stamina yang lebih.

Itulah tips perawatan anis merah yang paling efektif. Tentu kamu harus melakukannya dengan sabar dan telaten. Jika sabar dan telaten maka  burung anis merah akan cepat teler dan memiliki suara yang ngeplong, jika anda suka dengan kicau maupun tips mengenai burung kicau anda bisa kunjungi cenayangkicau.com untuk tips lebih lengkapnya, terimakasih.