Tips Merawat Burung Kacer Mabung

Tips Merawat Burung Kacer Mabung – Burung kacer merupakan burung dengan karakteristik suka berkicau. Selain itu, burung kacer mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Perawatan burung kacer ini juga sangat mudah. Oleh karena itu, burung kacer banyak diincar oleh pecinta burung yang berada di Indonesia.

Namun saat merawat burung kacer kamu tidak asing lagi dengan fase mabung. Mabung yaitu fase burung dimana burung akan merontokkan bulunya. Bagi kamu yang sudah lama merawat burung, tentu saat burung kacer mabung kamu sudah biasa untuk mengatasinya. Namun, Bagi kamu pemula, saat burung kacer mabung tentu merasa bingung.

Nah mulai saat ini,  kamu tidak perlu khawatir dan bingung. Berikut adalah tips merawat burung kacer mabung. Yuk simak ulasannya!

Tips Merawat Burung Kacer Mabung

  1. Melakukan Pengkrodongan

Saat mengalami masa mabung, burung kacer mengalami kondisi psikis yang sangat buruk. Burung kacer pun juga akan lebih terganggu dengan kondisi yang berada di sekitarnya. Sehingga, saat burung kacer mabung kamu harus melakukan pengkrodongan. Tujuan dari pengkrodongan ini adalah untuk memberikan suasana yang nyaman dan tenang kepada burung kacer.

  1. Memberikan Extra Fooding

Tidak hanya kondisi psikisnya saja yang mengalami masalah, burung kacer yang sedang mabung juga mengalami kondisi fisik mengalami penurunan. Sehingga, jika hal ini dibiarkan maka burung kacer akan mengalami drop. Untuk menghindari kondisi fisik yang semakin melemah, tambahkan extra fooding atau pakan tambahan sangat penting untuk dilakukan. Berikan extra fooding selama seminggu penuh. Extra fooding yang bisa diberikan kepada burung kacer diantaranya yaitu kroto, jangkrik dan ulat hongkong.

  1. Lakukan Proses Penjemuran yang Lebih Lama

Untuk menambah stamina pada burung kacer mabung, lakukanlahh proses penjemuran yang lebih lama daripada biasanya. Jika biasanya kamu melakukan proses penjemuran selama 1 jam, maka selama proses mabung lakukan selama 2 hingga 3 jam. Lakukanlah hingga burung kacer kembali seperti semula.

Itulah tips merawat burung kacer mabung agar cepat selesai dan bisa kembali seperti semula. Sangat mudah sekali bukan ?. Namun, dalam melakukan tips ini lakukanlah secara telaten dan penuh dengan kesabaran.