Semua yang perlu Anda ketahui tentang Roblox

Satu juta setengah anak di Inggris adalah pengguna reguler platform game kreatif. Apa daya tariknya – dan apakah itu aman?

Roblox mungkin tidak setenar permainan anak-anak seperti Fortnite atau Minecraft , tetapi baru-baru ini mengumumkan bahwa ia memiliki lebih dari 100 juta pemain bulanan aktif.

Ini telah terbang lebih banyak di bawah radar media daripada para saingan itu, meninggalkan orang tua yang anak-anaknya sekarang meminta untuk memainkannya (atau memainkannya tanpa diminta) membutuhkan primer

Apa itu Roblox?

Ini bukan game tunggal, melainkan koleksi lebih dari 50 juta game, semua dibuat oleh komunitas pemainnya. Perbandingan paling sederhana adalah dengan YouTube: perpustakaan besar “konten yang dibuat pengguna”, tetapi dalam hal ini kontennya adalah permainan dan bukan video.

Kamu juga bisa koleksi >> Roblox Wallpaper 2020

Anak-anak (dan orang dewasa) mengunduh aplikasi Roblox untuk komputer, konsol game, smartphone atau tablet dan menggunakannya untuk menelusuri dan memainkan katalog permainannya. Fitur sosial juga merupakan kunci daya tariknya, termasuk kemampuan untuk menambah teman dan mengobrol dengan mereka saat bermain.

Roblox bukanlah hal baru: secara resmi diluncurkan pada tahun 2006, dan telah terus berkembang sejak saat itu.

Berapa banyak anak yang memainkannya?

Roblox tidak membagi angka 100 juta antara anak-anak dan orang dewasa, meskipun dikatakan bahwa 40% dari mereka adalah perempuan dan anak perempuan.

Di Inggris saja, ada sekitar 1,5 juta anak bermain Roblox, menurut perusahaan riset Kids Insights. Datanya, berdasarkan survei tahunan terhadap 20.000 anak-anak Inggris, menunjukkan bahwa 24% anak berusia 10 hingga 12 tahun di sini menggunakan Roblox – lebih banyak daripada TikTok (13%) dan Snapchat (20%) dan hampir sama populernya dengan Instagram (25%).

Perusahaan ini menambahkan bahwa 19% anak usia tujuh hingga sembilan tahun di Inggris bermain Roblox, jauh di belakang YouTube (43%) tetapi di depan merek TV seperti CBBC (11%), Nickelodeon (10%) dan Kartun Jaringan (8%).

Mengapa Roblox populer?

“Kami bukan perusahaan yang melakukan banyak pemasaran. Cara No 1 yang diketahui seseorang tentang platform kami adalah mereka diundang untuk bermain oleh seorang teman. Dan cara kedua adalah mereka akan menonton orang-orang bermain di YouTube, ”kata kepala bisnis Roblox Craig Donato. “Jadi ini sangat fenomena organik.”

Dia juga menyarankan bahwa salah satu alasan popularitas Roblox adalah penekanannya pada “permainan yang tidak terstruktur” di era ketika banyak anak lebih dibatasi dalam aktivitas dunia fisik mereka daripada generasi sebelumnya.

“Ketika saya pulang dari sekolah, saya akan naik sepeda, pergi ke hutan, bermain bisbol pick-up. Tetapi kita hidup di dunia saat ini di mana sulit bagi anak-anak untuk pergi keluar dan bermain tidak terstruktur dengan teman-teman mereka, ”katanya. “Sebagian besar pengalaman di platform kami bukan hanya tentang tujuan untuk menang. Ini adalah pengalaman yang Anda miliki dengan orang lain: pengalaman bersama. “

Bagaimana orang membuat game untuk itu?

Siapa pun dapat membuat game (atau “pengalaman” – itu bisa berupa ruang virtual) untuk Roblox dengan mengunduh perangkat lunak Roblox Studio yang terpisah . Perusahaan mengatakan bahwa ia memiliki lebih dari 2 juta “pencipta” – jadi sekitar 2% dari pemainnya – dengan permainan paling populer dimainkan oleh hingga 100.000 orang secara bersamaan.

Bagi banyak anak, membuat game sederhana atau ruang virtual tempat mereka dapat bergaul dengan teman adalah batas ambisi mereka, tetapi yang lain membangun game yang lebih besar, lebih kompleks, dan bahkan mulai menghasilkan uang dengan mengambil potongan pembelian dalam game menggunakan Mata uang virtual Roblox, Robux. Perusahaan mengharapkan untuk membayar lebih dari $ 100 juta di tahun 2019 saja kepada mereka.

“Kami memiliki tim-tim ini membentuk bisnis, dan menghasilkan jutaan dolar per tahun,” kata Donato. Roblox ingin membina komunitas ini: pada tahun 2018 meluncurkan kurikulumnya sendiri, tersedia di bawah lisensi Creative Commons, untuk digunakan para pendidik. Donato mengatakan mencapai lebih dari 500.000 anak di tahun pertama.

Apakah orang benar-benar membuat bisnis dari ini?

Mereka. Josh Wood adalah salah satu pembuat game Roblox Inggris. Dia berusia 18 tahun sekarang, tetapi menemukan Roblox pada 2013, dan mulai membuat game sendiri untuk itu setahun kemudian.

“Dari sana saya terus belajar dan berkolaborasi dengan orang lain dalam proyek-proyek hingga saya merilis game paling sukses saya hingga saat ini, Game Dev Life , yang sejauh ini memiliki lebih dari satu juta sesi bermain,” katanya.

Wood kini telah mendirikan perusahaannya sendiri untuk membuat game untuk Roblox, merekrut pengembang, artis, dan penguji lain, dan bahkan meluncurkan serangkaian mainan berbasis Game Dev Life , dalam kemitraan dengan Roblox.

“Dengan uang dari permainan saya, saya dapat membayar untuk pendidikan universitas saya, dan terus berinvestasi kembali dalam bisnis saya,” katanya.

Pengembang muda Inggris lainnya yang bekerja pada game Roblox adalah Abbie Leigh. Sekarang berusia 19, ia mulai bermain Roblox pada 2011, tetapi mengambil lompatan ke pengembangan pada tahun 2017, awalnya menciptakan aset untuk permainan orang lain. Dia saat ini sedang mengerjakan tiga pertandingan, termasuk gelarnya yang bertema olahraga, dan berharap dapat membuat karir penuh waktu dari pengembangan lepas.

“Tidak pernah terasa seperti pekerjaan, yang tentu saja merupakan bagian terbaik. Saya menikmati membangun dan melakukannya di waktu luang, dan saya hanya dihargai ketika melakukan apa yang saya sukai. ”

Apakah Roblox aman untuk anak-anak?

Ketika Roblox telah menjadi berita utama di media arus utama, mereka sering menjadi negatif: dari laporan orang dewasa yang mencoba merawat anak-anak di platform pada tahun 2017 hingga, yang paling terkenal, serangan seksual virtual pada Juni 2018, ketika avatar pemain berusia tujuh tahun itu diserang oleh dua avatar pria, yang para pemainnya telah meretas kode permainan untuk menunjukkan citra eksplisit.

Bulan berikutnya, Matahari menerbitkan penyelidikan yang mengklaim bahwa Roblox adalah “surga bagi permainan peran sebagai jihadis, pemimpin Nazi dan anggota Ku Klux Klan”. Perusahaan mengatakan bahwa mereka telah bekerja keras untuk mengatasi pelaku kesalahan dan memperbaiki celah di platformnya.

“Kami tidak defensif jika ada yang salah. Kami mengangkat tangan dan berkata, ‘Ini adalah apa yang kami lakukan untuk memperbaikinya, dan inilah yang kami lakukan untuk memastikan hal itu tidak terjadi lagi,’ ”kata Laura Higgins, seorang veteran keamanan anak Inggris yang disewa oleh Roblox pada Januari 2019 sebagai ‘direktur peradaban digital’. Tugasnya adalah belajar dari masalah-masalah itu dan mencegah kegiatan yang dapat membahayakan pemain muda.

“Kami benar-benar memulai dengan aman sebagai prioritas No. 1 kami. Kami mengakui bahwa kami memiliki pemain yang lebih muda, jadi Anda harus berada di depan permainan sebaik mungkin dalam hal keamanan, ”katanya.

“Ini adalah hal yang kuno: jika orang memiliki niat buruk terhadap anak-anak, mereka akan cenderung ke tempat anak-anak. Kami terus-menerus meninjau alat yang kami miliki, dan mencari cara untuk memperbaikinya. ”

Baca juga >> Roblox Coloring Picture to Print

Bagaimana orang tua dapat mendapat informasi tentang hal itu?

Langkah lain yang diambil oleh Roblox adalah meluncurkan bagian situs webnya yang disebut For Parents , yang menjelaskan alat keamanannya – mulai dari algoritma yang memblokir kata kunci dan nama serta alamat dalam obrolan teks, hingga sistem pelaporannya untuk obrolan atau konten yang tidak pantas. Bahkan ada algoritma yang mendeteksi apakah avatar pemain mengenakan “pakaian yang sesuai”.

Higgins mengakui bahwa orang tua bisa “sangat frustrasi” ketika ada cerita horor seputar keselamatan di platform anak-anak seperti Roblox: “Anda pikir, seberapa sulitkah itu? [untuk menghentikan hal-hal ini terjadi], ”katanya. “Dan itu sangat sulit, adalah jawabannya. Ketika ada masalah, itu karena seseorang berusaha sangat keras untuk merusak sistem Anda. “

Dia tertarik untuk memastikan bahwa orang tua juga melihat sisi positif dari permainan yang dibuat anak-anak di Roblox, mengutip contoh permainan yang dibuat oleh seorang remaja yang ayahnya baru saja meninggal.

“Dia mengembangkan permainan seputar mengelola kesejahteraan mental, kesehatan mental, sebagai perjalanan bagi orang-orang muda lainnya yang mengalami masalah seperti itu,” katanya. “Itu adalah jalan keluar yang luar biasa baginya, tetapi itu juga membantu banyak anak muda yang memainkannya, dan mampu mengeksplorasi emosi mereka.”

Itu aspek yang juga disorot oleh pengembang Abbie Leigh. “Saya benar-benar mencintai komunitas pengembang secara keseluruhan. Kita semua tetap bersatu, saling mendukung kreasi satu sama lain dan saling membantu ketika kita paling membutuhkannya, ”katanya. “Dari umpan balik tentang permainan, hingga masalah pribadi.”