SEJARAH DAN PENINGGALAN MASJID DAULAH UMAYYAH

MASJID DAULAH UMAYYAH

Masjid Agung Umayyah dari ( bahasa arab : جامع بني أمية الكبير‎ ) yang berlokasi di kota Damaskus, Ibukota suriah – merupakan bangunan yang masjid terbesar dan tertua di kota itu.

Pada di era Dinasti Bani Umayyah ini memperoleh kejayaannya tentang tersebarnya agama Islam ke penjuru dunia. Masa kekhalifahan mulai dari 661 hingga 750 Masehi di Damaskus, Suriah. Kekhalifahan berikutnya yaitu berpusat di kordoba, Andalusia atau Spanyol, dari 756 hingga 1031 Masehi, sebagai kekhalifahan Kordoba.

Masjid ini dibangun pada khalifah  Al-Walid bin Abdul-Malik dari Bani Umayyah tahun 88-97 Hijriyah atau 706715 Masehi,

Masjid ini memiliki :

  • Memiliki 3 menara
  • Memiliki 4 pintu dengan hiasan mozaik
  • Memiliki Jendela yang berjumlah empat puluh berada di arah selatan bangunan Masjid
  • Memiliki 4 Mihrab
  • Tiang penyangga bangunan jumlahnya ada delapan, dan setiap tiang penyangga memiliki berat 8 ton.

 

SEJARAH MASJID AGUNG UMAYYAH

Nama Dinasti diambil dari nama kakek Muawiyah bin Abu Sufyan, yaitu Umayyah bin ‘Abd asy-Syams. Konon masjid Agung Umayyah ini  menyimpan sebuah kuil kecil yang berisi kepala sang Pembaptis Yohanes, yang dianggap sebagai Nabi oleh umat Kristen. Kaum Aram membangun kuil di mana lokasi masjid berdiri sebagai tempat pemujaan terhadap dewa petir dan badai.

  • Awal abad pertama, Bangsa Romawi membangun sebuah kuil untuk Dewa Jupiter Kuil Romawi ini berdiri di atas serambi empat persegi panjang dan Bagian dinding luar temenos yang masih bertahan.
  • Pada akhir abad ke-4, kawasan kuil menjadi tempat suci bagi Kristen. gereja dibangun di atasnya sebagai persembahan kepada Yohanes Sang Pembaptis dan Kuil Jupiter mulai dihancurkan.

Pada masa Dinasti Umayyah (661-750 M), Damaskus menjadi ibu kota dunia Islam. Dan para khalifah Umayyah memerintahkan Damaskus untuk menguasai seluruh kawasan, mulai dari Negara India hingga ke Negara Spanyol.

Pada masa Khalifah Al-Walid bin Abdul Malik Arsitekturnya telah memberi pengaruh seni bangunan masjid di seluruh dunia. Dari masjid inilah, Arsitektur Islam mulai mengenal menara segi empat, lengkungan, dan maksurah.

Khalifah Al-Walid akhirnya menghancurkan gereja dan membangun masjid.

Masjid Agung Damaskus atau Masjid Umayyah, disebut juga dengan masjid Umawi yang banyak dikunjungi dan menjadi tujuan tempat ziarah, karena masjid ini adalah salah satu lambang kejayaan Islam yang masih tersisa hingga kini.

Berikut ini Masjid Peninggalan di Dinasti Bani Umayyah :

1. Masjid Umayyah = Masjid Umayyah adalah masjid dari bangunan Gereja Johannes di Damaskus, Suriah. Yang mempunyai Ciri khas yang kuat bangunan Masjid ini adalah bangunan penuh dengan ukiran.

2. Masjid Cordoba = masjid yang berlokasi di Spanyol – di kaki bukit Siera de Montena. Masjid ini pernah di renovasi dengan dibangun menara masjid dan masjid di perbesar dan dibangun mihrab. Masjid Cordoba menjadi pusat keislaman pada masa itu selama 3 abad.

3. Masjid Jami Halab = pada awal sebelum menjadi Masjid adalah sebuah kebun gereja Romawi kuno yang dibangun kaisar pertama kerajaan Romawi, yaitu Heliana. Masjid Jami Halab yang dibangun oleh Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik Rahimahullah, Masjid ini dulu mengalami beberapa kali kerusakan dan renovasi karena dampak dari sebuah peperangan, penghancuran, dan kebakaran yang dilakukan oleh Dinasti Abbasiyah dan Raja Romawi Nexvor Fock.

 

 

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubahmasjidindo.com/

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.