Resep Membuat Milk Bread Yang Super Lembut

Jasa Catering

Cara membuat milk bread – Halo sobat kekinian, kalian tau gak roti yang lagi viral itu? Masa gak tau sih, itu loh roti yang lembut banget. Sebelum ke resep membuat milk bread yang super lembut, kita bahas dulu tentang milk bread.

Pada Artikel kali ini kita akan membahas resep membuat milk bread yang super lembut. Aku jamin deh kalau kalian ikutin resep ini hasilnya akan sangat soft banget nyaman dimulut deh pokoknya.

Nah kalian tau gak sih sebenernya apa itu milk bread dan dari mana sih asal mula milk bread itu, yuk kita cari tahu dahulu tentang sejarah milk bread sendiri.

Milk bread atau dikenal sebagai japanese milk bun, ciri khasnya adalah tekstur super lembut dan rasa susu yang kuat.

Roti kasur merupakan salah satu varian roti klasik Indonesia yang sampai saat ini belum surut penggemarnya. Berupa adonan roti yang dibentuk bulat kemudian disusun dalam loyang persegi panjang sehingga terlihat seperti roti kapuk.

Di Jepang, ada varian roti matras Indonesia yang mirip yang dikenal dengan Japanese milk bun atau roti susu Hokkaido. Roti ini saat ini sedang viral di Indonesia.

Japanese milk bun tidak selalu berbentuk seperti roti kasur. Ada juga yang bentuknya seperti roti tawar biasa. Juga dikenal sebagai roti susu Jepang, roti ini konon muncul pada abad ke-20 di Jepang menurut NY Times.

Ciri khasnya tentu saja penggunaan susu yang lebih dari roti biasa. Rasanya agak manis dengan tekstur yang sangat lembut dan lembut. Tekstur ini bahkan tidak berubah meskipun roti disimpan pada suhu ruangan selama 3-4 hari.

Meski sering disamakan dengan roti kasur, roti susu Jepang dibuat dengan metode berbeda, yaitu menganut unsur pembuatan roti di Jepang.

Salah satu cara yang dimaksud adalah penggunaan tangzhong sebagai bahan pembuatan bakpao Jepang. Tangzhong merupakan adonan starter yang terbuat dari campuran tepung dan air yang direbus hingga kental. Sepertinya pasta.

Tangzhou membuat tekstur roti lebih lembut dan umur simpan lebih lama. Tangzhong sendiri telah menjadi bagian penting dari pembuatan roti Jepang.

Biasanya tangzhong dibuat dengan mencampurkan 1 bagian tepung dengan 5 bagian air. Kedua bahan ini dipanaskan di atas suhu 65 C sambil diaduk sesekali. Selanjutnya tangzhou perlu didinginkan sebelum dimasukkan ke dalam adonan roti.

Resep Membuat Milk Bread Yang Super Lembut

Bahan Bahan Resep Membuat Milk Bread

  • 250 gr tepung terigu ( bisa segitiga atau mau pakai komachi ) medium pro atau pro high atau campur
  • 3 gram garam
  • 185 gram susu cairĀ  (suhu ruangan atau hangat )
  • 30 gram gula halus
  • 20 gr mentega tawar ( suhu kamar )
  • 3 gr ragi kering ( fermipan )
  • Tepung secukupnya untuk ditaburkan sebelum dimasukkan ke dalam oven

Langkah Langkah Resep Membuat Milk Bread

  1. Campurkan bahan-bahan kering dan aduk rata dengan pengocok atau menggunakan mixer roti .
  2. Campur ragi dalam susu cair dan tambahkan ke dalam campuran kering. Aduk dengan rata.
  3. Ulen kurang lebih 10 menit, sampai halus
  4. Taruh mentega di tengah adonan lalu uleni hingga lembut kembali. ( Sekitar 5 menit ). Kalau mau memberi warna, pada tahap ini ya. Ini pas hampir sehalus, bagi adonan dan tambahkan pewarna. Bulatkan adonan, letakkan di wadah dan tutup dengan kain bersih atau plastik. Simpan sekitar 30 – 40 menit atau hingga ukurannya terlihat dua kali lipat. ( Fermentasi pertama )
  5. Tekan adonan agar angin keluar dan bagi 16 bagian, buat setiap putaran. Jika Anda ingin presisi yang sama, timbang adonan dan bagi dengan 16.
  6. Pasang kembali dan tutup dengan kain lembab agar adonan tetap lembab selama 15 menit.
  7. Setelah adonan diistirahatkan, tekan adonan secara merata lalu bulatkan kembali adonan. Pastikan permukaan adonan halus dan tidak kusut agar nantinya terlihat bagus. Mohon berikan isian sesuai selera ( coklat, keju, dan lain lain )
  8. Taruh di atas loyang. ( Saya pakai 20 x 20, resep aslinya pakai 18 x 18 )
  9. Tutupi wajan dengan plastik pembungkus, taruh di tempat hangat hingga ukurannya dua kali lipat. Sekitar 30 – 40 menit. ( Fermentasi kedua )
  10. Panaskan oven sampai 180 derajat. Taburi adonan yang sudah mengembang dengan tepung menggunakan saringan. Kali kedua saya kasih topping keju ( cheese filling ) dan wijen yang kosong
  11. Setelah oven panas. Turunkan suhu ke 150 derajat ( tambang 145, sesuaikan dengan setiap oven ). Masukkan wajan ke dalam oven dan panggang selama 17 – 20 menit.
  12. Keluarkan dari oven dan wajan.
  13. Roti siap dihidangkan .. masih hangat dan lembut

Tips Untuk Menikmati Milk Bread

Di negara asalnya, roti susu Jepang disajikan polos tanpa isian. Roti ini dianggap seperti roti tawar yang bisa dimakan langsung. Namun, rasanya lebih manis dibanding roti tawar di negara lain.
Karena itu, orang Eropa masih menyebut roti susu Jepang sebagai roti manis, meski tidak diberi topping atau isian. Selain dinikmati tanpa rasa, roti susu Jepang juga banyak disantap dengan mentega celup atau susu kental manis.

Resep Membuat Milk Bread Yang Super Lembut

Nah itu dia tutorial beserta resep membuat milk bread yang super lembut. Sekian tutorial dari saya, jangan lupa diikutin ya caranya jangan cuma di baca aja.
Jika milk bread sudah jadi silahkan masukkan ke etalase penghangat makanan agar milk breadtetap hangat . Gimana nih kalian udah siap belum nih nyobain makanan kekinian satu ini ? Sampai di resep selanjutnya ya babaiiii