Resep Botok Tempe Menggugah Selera

Resep Botok Tempe

Hai teman-teman di artikel ini, kita akan membahas tentang resep botok tempe. Tempe botok adalah salah satu hidangan khas dari Indonesia. Seperti kita ketahui, Indonesia kaya akan masakan lezat, sangat menggugah selera dan lezat.

Bagi Anda yang ingin mencicipi hidangan lezat, pedas dan tidak terlalu berminyak di dalamnya, Anda harus mencoba yang satu ini, yaitu botok tempe. Sebagai salah satu hidangan tradisional, hidangan ini tetap menjadi hidangan favorit dan kaya akan berbagai nutrisi.

Kata botok berasal dari bahasa Jawa adalah makanan khas Jawa yang awalnya dibuat dari bubur kelapa yang telah diambil sarinya menggunakan mesin parut kelapa. Mula-mula botok dibuat dari ampas kelapa yang dimasak, agar ampas kelapa yang masih bergizi tidak dibuang begitu saja.

Botok saat ini bervariasi dengan petai Cina, ikan teri, udang, atau bahkan menggunakan tawon. Botok juga bisa dibuat sebagai lauk sederhana yang dibuat dengan mengukus berbagai bahan seperti membuat pepes.

Jika Anda ingin mencoba botok tempe, Anda dapat membelinya di pasar atau bahkan membuatnya sendiri di rumah. Cara memasak tempe botok sangat mudah. Ayo, mari kita simak resep tempe botok di bawah ini.

Cara Mebuat Botok Tempe

Bahan yang digunakan:

  •     1 kelapa muda
  •     Tempe 150 gram dipotong kecil-kecil sesuai selera
  •     Daun pisang secukupnya
  •     100 gram ikan teri basah
  •     Tempel tongkat untuk menyematkan daun pisang

Bumbu halus :

  •     3 siung bawang (gunakan mesin pengupas bawang)
  •     5 siung bawang merah
  •     3 cm bumbu kencur
  •     10 cabai rawit
  •     1 cabai merah besar dihilangkan
  •     Garam secukupnya
  •     Cukup gula saja
  •     Kaldu ayam jika diinginkan

Langkah – Langkah :

  1.     Mencampur serat kelapa muda, Anda dapat menggunakan mesin parut kelapa untuk membuatnya lebih mudah, tempe, dan ikan teri dengan rempah-rempah tumbuk
  2.     Campur semua bahan sampai halus dan rasakan bahwa botok gurih dan pedas akan pas
  3.     Ambil daun pisang dan masukkan sesendok penuh botok di dalamnya, bungkus dan tempel dengan menggunakan tongkat. Bungkus semua botok sampai selesai
  4.     Potong bagian atas daun pisang agar terlihat lebih rapi dan lebih indah
  5.     Kukus dalam kandang selama 25 hingga 35 menit sampai botok matang
  6.     Hapus botok segera jika dianggap matang
  7.     Tempi botok enak, pedas dan tentu saja sangat lezat siap untuk disajikan

Manfaat Ampas Kelapa sebagai Bahan Dasar Tempe Botok

1. Kulit Halus

Penduduk di Karibia dan Afrika memanfaatkan bubur kelapa untuk membersihkan tubuh yang berguna untuk detoksifikasi kulit. Untuk orang-orang dengan kulit berminyak, bubur kelapa digunakan sebagai pelembab ringan yang dapat menekan tingkat minyak yang berlebihan.

Selain bisa bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Pulp kelapa ini juga bisa mendinginkan area wajah dan untuk menutupi wajah kita.

2. Melembabkan Rambut Kering

Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh, bubur kelapa juga bermanfaat dan digunakan untuk perawatan rambut. Metode ini terutama diterapkan pada mereka yang memiliki rambut kering. Sehingga kondisi rambut bisa lebih lembab dan sehat.

Bagi pemilik rambut atau kulit kepala yang berminyak, tidak disarankan untuk menerapkan terapi alami ini. Karena itu membuat rambut lebih berminyak. Cara pengaplikasiannya sangat mudah diaplikasikan ke semua rambut, seperti menggunakan kondisioner.

Diamkan beberapa menit, lalu bisa dibersihkan dengan air dan bisa dikeringkan menggunakan handuk lembut.

3. Dapat Mencegah Risiko Serangan Kanker

Bubur kelapa bisa diolah menjadi tepung kelapa. Manfaat ramuan alami ini belum banyak diketahui oleh masyarakat. Pulp kelapa juga mengandung protein tinggi, rendah lemak, karbohidrat dan bebas gluten.

Tepung kelapa juga dapat digunakan untuk mengendalikan obesitas, mencegah sembelit atau sembelit dan meningkatkan kandungan mineral dalam tubuh kita. Selain itu juga dapat mencegah penyakit mematikan seperti serangan jantung, diabetes dan penyakit lainnya.

Oke, itulah artikel tentang resep botok tempe. Semoga bermanfaat bagi anda yang belum tahu tentang botok tempe.