Pilot, Cita-Cita Idaman Anak Kecil

Pesawat terbang tidak akan bisa terbang tanpa adanya seorang pilot. Pilot berperan penting dalam dunia penerbangan. Pilot bertanggung jawab besar dalam keselamatan dan keamanan penerbangan. Pilot memiliki wewenang untuk menurunkan penumpang penerbangan yang diduga membahayakan keselamatan penerbangan. Sebuah pesawat terbang biasanya diterbangkan oleh dua orang pilot, yaitu kapten pilot dan Co-Pilot. Kapten pilot dapat disebut juga komandan pilot. Kapten pilot diumpamakan sebagai suatu presiden dalam suatu negara. Kapten pilot memimpin seorang co-pilot. Co-pilot disebut juga first officer. Co-Pilot bertugas membantu Kapten pilot saat mengemudikan pesawat terbang. Secara visual kita dapat membedakan kapten pilot dan co-pilot dari seragamnya. Artikel ini akan mengulas perbedaan seragam pilot Indonesia yang dikenakan oleh kapten pilot dan co-pilot

Perbedaan Jumlah Garis pada Seragam Pilot

Jumlah garis yang terletak pada seragam seorang pilot menunjukkan pangkat yang berbeda. Seorang kapten pilot akan mengenakan seragam dengan 4 garis berwarna emas di bahunya. Beberapa kapten pilot airline di dunia memakai seragam dengan garis berwarna silver. Pada maskapai tertentu, dekorasi tambahan diberikan pada tanda pangkat seorang kapten pilot. Contohnya adalah maskapai Garuda Indonesia. Seragam pilot garuda Indonesia yang berpangkat seorang kapten pilot berbeda dengan seragam co-pilot garuda Indonesia. Perbedaan itu terletak bukan hanya dari jumlah garis yang terdapat di bahunya saja, tetapi juga topi yang dikenakan. Seorang kapten pilot garuda memakai topi dengan desain daun berwarna emas.

First Officer atau Co-Pilot akan memakai seragam dengan garis berjumlah 1 sampai 3 berwarna kuning di bahunya. Jumlah garis menunjukkan jumlah jam terbang yang telah ia lalui. Contoh rincian jumlah garis dan jam terbangnya adalah sebagai berikut.

0 – 1000 jam : 1 garis

1001 – 1500 jam : 2 garis

1501 – seterusnya : 3 garis

Serupa tapi tak sama dengan maskapai Garuda Indonesia, perbedaan tambahan seragam pilot lion air yang berpangkat co-pilot juga bisa ditemukan dari topi yang dipakai. Topi seorang co-pilot lion air tidak memiliki aksen daun berwarna emas. Hanya ada desain garis dan burung berwarna emas.