Perut Keras tanda Hamil? Ini Jawaban dan Tandanya!

Anda tentu saja pernah mengalami perut keras, nama ada beberapa kondisi bahwa perus keras yang dialami tidak seperti biasanya. Tidak semua kondisi perut keras mengarah pada jenis penyakit, bisa saja perut keras tanda hamil yang dapat terjadi tanpa diduga. Mari simak jawaban berikut ini dan tanda-tandanya.

Janin yang Tumbuh

Kondisi perut keras dapat menjadi sebuah tanda bawah Anda sedang hamil karena keberadaan janin yang berkembang di dalam tubuh. Seiring pertumbuhan janin yang membesar, secara otomatis kondisi rahim jua akan membesar. Ketika kondisi ini terjadi akan menyebabkan tekanan pada perut yang membuat Anda merasa sakit dan tidak nyaman untuk banyak bergerak.

Semakin hari perut ibu hamil semakin tumbuh menjadi lebih besar. Pertumbuhan janin semakin besar begitu pula dengan pertumbuhan rahim. Ketika janin mengalami pertumbuhan, maka rahim pun akan ikut membesar. Akibatnya terjadilah tekanan yang membuat perut menjadi keras saat dipegang atau ditekan.

Janin yang Bergerak

Perut keras tanda hamil memang dapat terjadi ketika janin yang ada di dalam perut bergerak aktif. Anda tidak perlu khawatir, cukup mengatasinya dengan duduk sejenak tanpa banyak bergerak. Rasa keras pada perut akan hilang dalam beberapa waktu.

Sembelit

Tidak selalu perut yang keras menjadi tanda kehamilan, bisa saja karena mengalami sembelit. Hanya saja masalah sembelit ini juga tak kalah seringnya terjadi pada ibu hamil. Perut terasa kencang sekali ketika mengalami sembelit. Anda menjadi tidak nyaman dan ingin segera mengatasinya. Konsumsilah air putih dengan takaran minimal untuk menghindari masalah ini.

Kehamilan Bermasalah

Ketika Anda dalam kondisi yang hamil dan mengalami perut keras ini menandakan sedang ada masalah yang terjadi pada kehamilan. Anda harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika perut semakin sakit dalam waktu yang lama. Risiko terburuk dari kondisi ini bisa saja mengalami keguguran atau terjadinya persalinan prematur nantinya.

Keram

Jawaban selanjutnya yang menyebabkan perut karas adalah Anda mengalami kondisi keram. Ini menunjukkan tanda-tanda kehamilan di awal trimester pertama. Kondisi keram ini memang sering terjadi di awal kehamilan karena sel telur yang sudah dibuahi melakukan proses pelekatan ke dinding rahim. Perut Anda akan mengeras yang keram yang terjadi di masa kehamilan.

Makan Berlebihan

Masalah perut keras juga dapat terjadi bagi Anda yang sedang hamil atau tidak karena makan yang berlebihan. Anda perlu hati-hati dalam mengontrol diri karena kebiasaan makan berlebihan akan membuat perut menjadi tidak nyaman. Terlebih bagi yang sedang hamil, makan secara berlebihan akan membuatnya merasa sesak.

Itulah jawaban bahwa tidak selalu perut keras tanda hamil. Ada banyak sekali faktor penyebabnya. Hanya saja di saat kehamilan ketika masalah perut keras ini terjadi tentu akan menimbulkan kekhawatiran. Anda hanya perlu menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat agar tidak mengalami masalah yang dapat terjadi pada perut.