Persiapan yang Perlu Dilakukan Saat Cabut Gigi

Klinik Gigi Jogja

Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam kehidupan sehari-hari setiap orang pernah mengalami masalah dengan gigi mereka. Meskipun mereka telah melakukan perawatan gigi secara rutin namun terkadang tetap saja ada masalah gigi yang menyerang. Hal tersebut tidak jarang harus membuat sebagian dari Anda harus mencabut gigi agar masalah di gigi tersebut tidak semakin parah. Bagi yang saat ini tinggal di Jogja, terdapat banyak tempat klinik gigi Jogja yang melayani cabut gigi secara aman dan terpercaya.

Meskipun sudah memilih klinik gigi Jogja yang terbaik, pasien harus tetap mempersiapkan diri agar saat cabut gigi bisa cepat pulih dan tidak mengganggu kesehatan. Bagi yang belum pernah melakukan cabut gigi maka sebaiknya perlu melakukan beberapa berikut.

  1. Mengajak Orang Terdekat

Ketika pertama kali akan cabut gigi biasanya akan timbul rasa cemas dan takut. Selain itu saat proses pencabutan gigi, pasien akan diberikan obat bius yang efeknya akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Untuk itulah kehadiran orang terdekat bisa membantu mengatasi rasa cemas dan ketakutan.  Mereka juga bisa menemani ketika perjalanan pulang setelah pencabutan gigi.

  1. Yang boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi

Saat sebelum operasi cabut gigi dilakukan, biasanya pasien dilarang untuk mengkonsumsi beberapa makanan dan minum sampai 12 jam sebelum operasi. Namun jika memakai bius lokal maka pasien tetap diperbolehkan untuk makanan dan minum 1-2 jam sebelum operasi.

  1. Gunakan Pakaian yang Santai

Saat akan cabut gigi pakailah busana yang santai terutama dengan lengan pendek dan longgar agar pakaian ternodai saat proses operasi. Hindari memakai lensa kontak karena selama operasi pencabutan gigi mata akan tertutup.

  1. Menyiapkan Makanan Sesudah Operasi

Saat proses penyembuhan maka pasien akan mengalami ngilu dan pembengkakan ringan sehingga nafsu makan akan menurun. Pasien akan membutuhkan asupan nutrisi saat masa penyembuhan sehingga pilih makanan yang lunak dan mudah dikonsumsi.

Demikian hal-hal penting yang harus diperhatikan saat akan melakukan cabut gigi agar tidak kaget saat mengalaminya. Dengan proses cabut gigi yang berjalan lancar maka proses pemulihannya juga berlangsung lebih cepat.