Pengembangan Situs Belanja Berbasis WooCommerce

WordPress tidak hanya dipakai untuk aktivitas blogging, tapi juga bisa dijadikan sebagai sarana jualan. Hal ini dipermudah dengan memanfaatkan plugin woocommerce. Pada dasarnya hanya dengan menginstall plugin woocommerce dan melakukan setting-setting, Anda sudah bisa mulai berjualan. Hanya saja untuk kustomisasi lebih lanjut atau penambahan fitur-fitur advanced, maka Anda memerlukan woocommerce extension

Ada banyak puluhan atau bahkan ratusan woocommerce extension yang bisa Anda download di codecanyon atau situs-situs download alternatif seperti halnya down73.com – Anda dapat menentukan terlebih dahulu fitur yang Anda ingin tambahkan ke website online shopping Anda, lalu mencari extensio-nya atau Anda juga dapat melakukan browsing terhadap extension yang ada untuk mencari ide-ide penambahan fitur.

Extension yang umum digunakan para pemasar di Indonesia adalah fitur penambahan ongkos kirim untuk expedisi-expedisi seperti JNE, TIKI, dan Pos Indonesia. Saya belum pernah menggunakannya tetapi ada di luar sana developer yang memilikinya. Tentunya Anda harus melakukan pemeriksaan apakah mereka melakukan update secara berkala terhadap aplikasinya. Hal ini dikarenakan harga-harga expedisi saat ini cenderung untuk berubah terutama untuk pengiriman-pengiriman ke luar Jawa.

Jika Anda hanya menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran, maka woocommerce sudah bisa digunakan tanpa penambahan extension. Tetapi untuk penggunaan alat pembayaran lainnya, maka Anda tampaknya perlu menambahkan extension yang sesuai.

Terkait kustomisasi tampilan dan langkah pembelanjaan, woocommerce sudah mempunyai fitur dasar ini. Jika Anda menginginkan perubahan atau mau melakukan penambahan langkah, maka Anda bisa menemukan woocommerce extension yang cocok untuk hal ini.

Untuk produk detail dan penambahan option atau untuk penjualan produk digital, ada extensi khusus untuk penjualan produk digital yang bisa Anda gunakan. Hanya saja pilih extensi yang benar-benar akan Anda gunakan supaya tidak memberatkan situs Anda.