Mentor Berjualan di Internet Menggunakan Shopify

Ada banyak cara berjualan, bisa di marketplace atau dengan membuka website toko online sendiri. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan dalam hal operasionalnya.

Sebagai Netizen memilih berjualan di marketplace karena praktis tidak perlu banyak menggunakan modal di awal berjualan. Begitu membuka account Anda akan bisa langsung berjualan. Modal tambahan diperlukan bila Anda ingin mempromosikan barang dagangan Anda di halaman mesin pencarian.

Beberapa netizen marketer memilih untuk membuka tokonya sendiri di website online shop di luar marketplace. Ada beberapa pertimbangan khusus mengapa sebagian marketer memilih ini, diantaranya ialah menghilangkan faktor distraksi dan persaingan harga yang sudah umum terjadi ketika berjualan di marketplace.

Membuat website atau online shop secara mandiri membawa kepada masalah barrier entry di mana seorang marketer perlu membuat atau merancang website tempat menampilkan produk-produknya. Sebetulnya ada banyak pilihan dalam perancangan website ini, bisa menggunakan WordPress + Woocommerce atau menggunakan pure platform penjualan seperti halnya prestashop dan sejenisnya.

Ada platform lain yaitu Shopify. Ini merupakan platform ‘closed source’ yang memungkinkan para marketer memiliki toko online tanpa harus direpotkan dalam hal setting atau pengembangan website. Hal ini sudah di-cover oleh tim pengembang Shopify secara otomatis.

Ketika Anda menggunakan Shopify, Anda berada selayaknya dengan kemudahan-kemudahan seperti sedang melakukan manajemen jualan di marketplace, namun Anda memiliki satu website penuh produk-produk milik Anda sendiri tanpa distraksi dengan produk-produk dari penjual lainnya.

Untuk mengetahui cara praktis dalam berjualan, Anda memerlukan mentor. Untuk mentor luar negeri sudah banyak diantaranya Anda perlu melihat produk dari Alex Becker dalam hal pengelolaan toko online menggunakan Shopify.

Untuk di dalam negeri ada juga sejumlah nama mentor yang menggunakan platform shopify. Anda dapat mengamati dan belajar dari mereka dengan mengikuti group belajar yang mereka miliki.