Mengenal Burung Betet Ekor Panjang

https://www.senapananginpedia.com

Mengenal Burung Betet Ekor Panjang

https://www.senapananginpedia.com

Burung Betet Ekor Panjang memiliki ukuran sedang sekitar 40cm. Untuk warna di dada yang hijau terang. Ciri khas dari jenis Burung Betet Ekor Panjang, yaitu dengan mahkota hijau. Kemudian untuk sisi-sisi kepala merah, juga datang dengan garis hitam tebal yang terlihat sama serta kumis.

Selain itu betet ekor panjang juga memiliki karakteristik bahwa mantel berwarna biru pucat dan memiliki ujung ekor kuning dan sayap berwarna biru. Untuk spesies burung betina tampaknya lebih buram, kumis hijau.

Selain itu tidak ada warna biru di bagian belakang seperti di https://www.senapananginpedia.com. Ketika burung terbang, tampaknya menutupi sayap di bawah kuning. Perbedaan ekor betet panjang dengan burung beo pada umumnya, yaitu di bagian tubuh bagian bawah hijau dan sisi kepala berwarna merah.

Bagian iris yang berwarna hijau-kuning. Untuk bagian paruh merah dengan ujung terlihat seperti tanduk. Dan kakinya berwarna abu-abu.

Keistimewaan yang khas dari kicau suara yang terdengar keras, melengking, terdengar dari atas pohon dan mendengar ketika burung terbang.

Daerah distribusi burung ini umumnya ditemukan di daerah pesisir dan di dataran rendah. Terutama di hutan terbuka, perkebunan, hutan bakau, tepi hutan hujan tropis, hutan sekunder.

Serta berada di Pinggiran Taman kota dengan pohon-pohon menjulang tinggi. Burung ini juga dapat ditemukan sampai ke ketinggian 300 m.

Burung ini bisa terbang cepat dalam kelompok besar yang memiliki anggota sekitar 20 ekor. Dan tampaknya juga nomaden, jenis parkit juga melakukan migrasi musiman. Bendungan kadang-kadang burung-burung ini ditemukan di pohon atau di nestri Tanau.

Perilaku burung ini juga dapat bergerak cepat di antara cabang-cabang pohon. Kemudian juga memiliki suara yang terdengar bising, bahkan suara berteriak terus menerus dalam suara yang terdengar oleh mencolok.

Burung ini juga mulai aktivitas mencari makanan ketika matahari sudah terbit. Dan dapat ditemukan pada saat sore hari berada di pohon-pohon menjulang tinggi.

Di alam liar, burung ini seperti mencari makanan dalam bentuk buah serta, papaya daun, Dryobalan-ops. Selain buah juga suka makan biji, bunga (Acacia) dan tunas daun.

Dengan jenis makanan yang seperti itu, kemudian burung ini sering disebut sebagai hama pertanian karena perilakunya melakukan kerusakan di perkebunan kelapa di beberapa daerah.