Menariknya Menjadi Seorang Teknisi Komputer Saat Ini

Teknisi komputer adalah seorang yang memiliki kemampuan dan bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan perbaikan atau maintenance komputer dan server. Pastinya seorang teknisi ini dituntut untuk memahami cara memasang, merangkai dan mengkonfigurasikan hardware hingga pemasangan software yang dibutuhkan.

Lalu apa yang dilakukan oleh teknisi komputer?

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwasanya tugas utama adalah untuk memperbaiki perangkat hardware dan software. Namun di beberapa kasus memiliki keahlian dalam mengembalikan data yang hilang.

Untuk menjadi seorang teknisi komputer yang beneran dibutuhkan pemahaman, pengetahuan hingga pengalaman yang banyak. Banyak hal yang bisa dilakukan bila ingin menjadi yang ahli bisa dengan belajar secara sendiri atau dengan mengikuti kursus-kursus dan pelatihan seputar service komputer pastinya bahkan sekarang malahan bis amagang pada tempat tertentu.

Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar dan praktek yang berkesinambungan untuk memahami berbagai kerusakan yang ada. Dengan seperti ini menjadikan kan anda semakin hari semakin mahir. Karena pada umumnya khursus itu sebagai pengetahuan awal saja dan pengembangannya tergantung dari kita pribadi.

Selain memiliki kemampuan mumpuni dalam proses perbaikan agar anda bisa dikatakan sebagai teknisi komputer yang profesional maka harus memiliki keterampilan berkomunikasi dan mental yang baik. Kedua ini juga sangat dibutuhkan untuk membangun citra anda pribadi dan nantinya bila anda bekerja pada suatu instansi tertentu.

Karir apa aja sih yang bisa ditempuh bila menjadi seorang teknisi komputer?

1. Karyawan

Menjadi karyawan adalah pilihan menarik pastinya bisa bekerja pada suatu perusahaan, vendor komputer atau toko komputer yang mana melakukan kegiatan perbaikan. Sehingga dengan ada kerusakan semakin hari akan semakin punya kemampuan yang baik dalam proses perbaikannya.

2. Entrepreneur

Memiliki kemampuan atau skill sebagai teknisi komputer tidak banyak orang yang bisa dan ini menjadi sebuah peluang usaha karena semakin hari semakin banyak orang yang memiliki komputer. Kita tahu bahwa komputer sudah menjadi bagian dari keseharian terlebih bagi pekerja – pekerja kantoran, designer, editor dan lain-lain.

Sering ya mereka ini hanya bisa memakai saja namun ketika terjadi suatu masalah kebanyakan tidak bisa memperbaikinya. Maka dari itu bila anda bisa memperbaiki nya pasti akan jadi sebuah peluang usaha yang sangat menarik sekali.

Salah satu pelayanan yang bisa dipilih adalah service panggilan yang bisa datang ke lokasi customer. Contohnya menjadi service komputer jakarta selatan. Pastinya akan bisa melayani berbagai macam customer yang butuh perbaikan di area tersebut. Bila memang masih bisa mengcover di luar area boleh saja tidak masalah.

Bayangkan saja bila dalam sehari anda bisa memperbaiki 3 komputer dengan biaya 200.000 untuk 1 unit sudah terlihat kan keuntungannya. Itu baru satu hari, bagaimana kalau 1 bulan? Sangat menggiurkan sekali bukan.

Peralatan-peralatan gunakan oleh teknisi komputer

Beberapa peralatan yang perlu dimiliki dan dibawa ketika teknisi komputer memperbaiki adalah obeng plus atau minus berbagai ukuran yang digunakan untuk membuka sekrup pada casing komputer, thermal pasta, untuk membersihkan kotoran di dalamnya, penghapus, obeng. Tidak lupa juga ada perangkat pengganti bila komponen yang ada pada komputer rusak seperti PSU, RAM, hardisk, keyboard dan Mouse, monitor juga kabel penunjang lainnya.

Selain menyiapkan perangkat kerasnya jangan sampai lupa membawa perangkat lunak nya seperti aplikasi sistem operasi dan program-program lain yang dibutuhkan.

So, sekarang Pilihan ada di tangan Anda mau merintis karir sebagai teknisi komputer seperti apa. Segera lakukan saja. Good luck