Manfaat Kangkung

Manfaat Kangkung – Siapa yang tidak mengenal kangkung, ia adalah salah satu sayuran favorit yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sayuran ini bisa di olah menjadi beragam jenis makanan, mungkin yang paling terkenal dan sering Anda dengar adalah tumis kangkung karena pengolahannya yang sangat mudah. Kangkung juga termasuk sayuran yang mudah ditanam, dalam jangka waktu 6 minggu saja sudah bisa dipanen yang menjadikannya sayuran yang mudah dijumpai.

Manfaat Kangkung

Kangkung mengandung beragam jenis gizi yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, diantaranya lemak, vitamin C, protein, vitamin A, zat besi, vitamin B1, fosfor, serat, gula, air karbohidrat, kalsium dan banyak lagi yang lainnya. Dengan beragam nutrisi yang dikandungnya, tidak heran jika terdapat banyak manfaat kangkung.

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung

Kangkung mengandung betakaroten tinggi serta vitamin A dan C yang akan memberikan manfaat positif untuk tubuh. Nutrisi ini bisa berfungsi untuk mengurangi kadar radikal bebas di dalam tubuh sehingga dapat mencegah kolesterol teroksidasi. Tidak hanya itu, kangkung juga mengandung folat yang akan membantu menetralisir bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh yang bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung.

2. Obat tidur alami

Untuk Anda yang sedang atau sering mengalami masalah susah tidur atau yang populer dengan nama insomnia, mengonsumsi kangkung bisa menjadi alternatif pengobatan alami untuk mengatasi masalah tersebut. Karena dengan mengonsumsi kangkung, Anda bisa mengendurkan saraf yang tegang sehingga menimbulkan rasa kantung hingga akhirnya terlelap.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat

3. Pencegah anemia

Seperti yang sudah kami tuliskan di atas, kangkung mengandung zat besi yang berarti bisa dikonsumsi sebagai obat anemia atau kurang darah. Bagi penderita anemia, sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur kangkung dalam jumlah yang cukup untuk mengobati anemia secara alami.

4. Mencegah diabetes

Manfaat sayur kangkung yang selanjutnya adalah mampu mencegah serangan diabetes. Hal ini karena ia memiliki zat yang mampu menghambat proses penyerapan gula ke tubuh. Oleh karena itu, kangkung akan membantu mengontrol kadar gula di dalam tubuh kita.

5. Menurunkan kolesterol

Terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa dengan mengonsumsi sayur kangkung secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh. Karena hal tersebut, untuk Anda yang memiliki masalah kolesterol tinggi sangat baik mengonsumsi kangkung dalam jumlah yang tepat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

6. Menjaga kesehatan mata

Mungkin sebagian besar dari Anda masih belum mengatahui bahwa sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan vitamin A, karotenoid dan lutein yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu mengonsumsi kangkung secara rutin dan dalam jumlah yang tepat juga bisa membantu mencegah penyakit katarak.

7. Mengatasi sembelit

Kangkung juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi masalah sistem pencernaan seperti sembelit karena ia mengandung serat yang tinggi untuk membersihkan saluran cerna. Karna hal itu, untuk Anda yang susah buang air besar bisa mencoba mengonsumsi kangkung secara rutin.