Ketahui Perbedaan Baking Soda Dan Baking Powder Agar Tidak Keliru

Bagi ibu-ibu membuat kue merupakan sebagian dari hobi mereka. tentunya salah satu bahannya yakni baking soda maupun baking powder sudah sangat familiar didengar oleh mereka. namun sering kali masih ada yang keliru dan menganggap kedua bahan tersebut sama, padahal keduanya berbeda. Adapun perbedaan baking soda dan baking powder antara lain sebagai berikut :

1. Kandungan Bahan

Baking soda atau soda kue sendiri didalamnya hanya mengandung natrium bikarbonat saja. sedangkan pada baking powder merupakan campuran dari natrium bikarbonat dengan komponen asal seperti cream of tartar, sodium asam pirofosat serta bahan pengemulsi lainnya. Hal tersebut artinya bahwa baking powder merupakan soda kue yang sudah dicampur dengan bahan tambahan.

2. Kemampuan Bahan

Baking soda maupun baking powder sendiri sama-sama mempunyai wujud putih. Namun, baking soda sendiri lebih kuat 3 sampai 4 kali lebih kuat daripada baking powder. Penggunaannya sendiri tergantung dari bahan yang digunakan. Jika ingin membuat kue tanpa telur, maka gunakanlah baking powder. Sedangkan jika ingin membuat adonan kue yang menggunakan telur, maka gunakanlah baking soda. Romadecade

3. Rasa Bahan

Rasa dari baking soda sendiri mempunyai rasa yang pahit jika tidak dicampur dengan bahan asam. Sedangkan baking powder sendiri mempunyai rasa netral dan biasa saja jika dicampur dengan bahan netral seperti susu.

4. Sifat Bahan

Sifat bahan dari baking soda sendiri mempunyai reaksi yang lebih cepat. Proses pengembangan adonan akan langsung terjadi saat baking soda telah bercampur dengan bahan yang bersifat asam. Maka dari itu, adonan yang sudah mengembang harus segera dikukus atau dipanggang.

Jika didiamkan lebih lama, maka kue yang dihasilkan pun akan kurang sempurna dan tidak empuk. Sementara baking powder sendiri digunakan dalam adonan yang dapat dibiarkan sejenak. Baking powder sendiri terdapat 2 jenis yakni single acting dan double acting.

5. Penggunaan Bahan

Dalam penggunaannya sendiri, baking soda lebih baik dicampur dengan adonan yang mengandung bahan asam. Seperti buttermilk, cuka, air lemon, madu, dll. Baking soda sendiri dipakai dalam resep kue kering serta kue yang memakai campuran buah atau manisan buah serta kue yang dipanggang atau dikukus. Sedangkan baking powder sendiri kebanyakan digunakan saat membuat cake.

Itulah perbedaan baking soda dan baking powder yang sering keliru dalam penggunaannya. Setelah mengetahui perbedaan tersebut, tentunya tidak akan keliru lagi dalam mencampurkan kedua adonan tersebut saat membuat kue atau cake.

Souvenir Pernikahan