Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Air kelapa muda terkenal kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tak heran, minuman yang satu ini cocok dikonsumsi bagi ibu hamil.  Yuk simak manfaat kelapa muda untuk ibu hamil dalam artikel berikut ini!

Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Indonesia merupakan negara tropis yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan salah satunya yaitu pohon kelapa. Hampir seluruh bagian pohon kelapa bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, tak terkecuali dengan buahnya.

Jika dilihat dari pemanfaatannya, buah kelapa bisa dibedakan menjadi dua, yaitu kelapa tua dan kelapa muda. Daging kelapa tua seringkali digunakan sebagai bahan pembuatan santan dan minyak kelapa, sedangkan air kelapa tua bisa digunakan untuk membuat nata de coco.

Sementara itu, kelapa muda seringkali digunakan sebagai bahan minuman atau makanan penutup. Pasalnya kelapa muda memiliki daging yang tipis dan lembut serta airnya yang melimpah. Minuman kelapa muda banyak digemari oleh berbagai kalangan. Selain memiliki rasa yang manis dan segar, minuman kelapa muda juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, khususnya bagi ibu hamil.

Air kelapa muda dipercaya sebagai salah satu minuman alami yang dapat menjaga kesehatan pada ibu hamil dan janinnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak terlebih dahulu, apa saja kandungan dalam kelapa muda!

Nutrisi dan Gizi yang Terkandung dalam Air Kelapa

Air kelapa muda telah banyak dikenal sebagai salah satu minuman yang mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral-mineral penting yang baik bagi tubuh. Kandungan nutrisi ini tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Air kelapa muda adalah cairan isotonik yang menyegarkan dan kaya akan kandungan elektrolit seperti magnesium, klorida, potasium, natrium, dan kalsium yang baik bila dikonsumsi saat hamil. Bahkan kandungan potasium dalam air kelapa muda bisa mencapai kadar 600 mg.

Tak hanya itu, air kelapa muda juga mengandung gula, karohidrat dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin yang ada di dalam air kelapa muda pun cukup beragam, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, thiamine, riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, kolim, dan betadine.

Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda menjadikan air kelapa muda sebagai salah satu minuman elektrolit andalan yang baik untuk tubuh terutama saat kehamilan.

Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil 

Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil 

Setelah mengetahui beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam air kelapa muda, mari kita kenali juga manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi kelapa muda, terutama bagi ibu hamil berikut ini:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air kelapa muda mengandung asam larut yang memiliki sifat sebagai zat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Oleh karena itu, bila dikonsumsi secara teratur, air kelapa muda mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit yang berbahaya.

2. Menetralisir Racun

Air kelapa muda juga memiliki kandungan asam lauric yang secara efektif mampu melawan racun yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi air kelapa muda tentu bisa menjadikan tubuh tetap sehat dan terbebas dari zat-zat-zat beracun terutama saat kehamilan.

3. Mengontrol Tekanan Darah | Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Mengonsumsi air kelapa muda juga dipercaya dapat mengontrol tekanan darah. Jumlah elektrolit yang renda dalam tubuh dipercaya dapat memicu tekanan darah tinggi. Air kelapa muda mengandung zat potasium, magnesium, dan asam laurat yang dapat membantu mengatur tekanan darah.

selain itu, air kelapa muda juga dapat meningkatkan kolesterol baik sekaligus mengurangi kolesterol jahat. Vitamin, protein esensial, dan elektrolit yang terkandung dalam air kelapa muda mmapu mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, serta meningkatkan sirkulasi darah.

4. Meredakan Mulas dan Sembelit

Manfaat air kelapa muda yang selanjutnya yaitu dapat meredakan rasa mulas dan sembelit yang sering dialami oleh wanita hamil akibat dari adanya perubahan hormon saat masa kehamilan.

Untuk meredakan rasa mulas dan sembelit tersebut, bisa Anda atasi dengan mengonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda mengandung serat pangan yang mampu melancarkan pencernaan, memperkuat sistem pencernaan, mengatur pH, serta mencegah terjadinya sembelit.

Sebagian orang juga beranggapan bahwa air kelapa muda tergolong sebagai salah satu pencahar yang baik dan mampu meningkatkan proses metabolisme dan detoksifikasi tubuh. Selain itu, air kelapa muda juga digolongkan sebagai penetral asam alami yang dapat mencegah terjadinya mulas.

5. Diuretik Alami | Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil 

Air kelapa muda memiliki sifat sebagai diuretik alami berkat kandungan potasium, magnesium, dan mineral-mineral penting lainnya. Dengan khasiat air kelapa muda tersebut, tentu bisa membantu dalam membuang racun serta membersihkan saluran kemih. Sehingga dapat meeningkatkan fungsi ginjal serta mencegah terjadinya infeksi pada saluran kemih dan menurunkan kemungkinan persalinan prematur.

6. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Air kelapa muda terkenal dengan manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, terutama bagi ibu hamil. Dengan mengonsumsi air kelapa muda, diyakini membantu memenuhi kebutuhan air yang meningkat selama masa  kehamilan. Kebutuhan cairan yang lebih tinggi ini akan mendukung peningkatan volume darah, mempertahankan volume cairan ketuban dan sirkulasi janin.

Air kelapa muda bisa menjadi salah satu pilihan saat menginginkan minuman manis yang menyegarkan. Selain itu, air kelapa juga mengandung elektrolit yang dapat menghidrasi tubuh.

7. Mengobati Infeksi | Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Air kelapa muda kaya akan kandungan vitamin, mineral esensial, dan antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta dapat mengobati infeksi. Tak hanya itu, air kelapa muda juga memiliki kandungan asam laurat, dan asam lemak rantai pendek yang memiliki peran penting dalam produksi anti virus monolaurin yang kuat.

Asam laurat yaitu kandungan yang mampu menangkal penyakit dengan membunuh bakeri berbahaya dengan mempertahankan bakteri baik, serta mencegah infeksi virus seperti influenza, dan HIV.

Selain itu, air kelapa muda juga mampu memberikan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh terutama saat kehamilan. Konsumsi air kelapa muda pada trimester ketiga dipercaya dapat meningkatkan kadar cairan ketuban serta meningkatkan volume dan sirkulasi darah.

8. Melancarkan Sirkulasi Pembuluh Darah 

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya yaitu melancarkan sirkulasi darah dengan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Manfaat yang satu ini berkat khasiat air kelapa muda yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, air kelapa muda mengandung potasium dan magnesium yang tinggi diyakini dapat membantu ibu hamil dalam menjaga kesehatan jantung seperti serangan jantung dan detak jantung yang tidak stabil. Selain itu, ibu hamil juga perlu menjaga kesehatan janinnya.

10. Sumber Vitamin C dan B | Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin C. Salah satu kandungan penting air kelapa adalah kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C yang terkandung dalam air kelapa muda diyakini dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C pada ibu hamil.

Selain vitamin C, air kelapa muda juga mengandung vitamin B yang cukup tinggi. Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan vitamin. B sehingga membantu penggantian jaringan tubuh yang rusak.

Meskipun memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan terutama saat kehamilan, air kelapa muda tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya Anda mengonsumsi air kelapa muda dalam jumlah sewajarnya saja, yaitu satu selas sehari agar tidak menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan Anda tentang apa saja manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil. Sekian, kunjungi website kami untuk dapatkan artikel-artikel menarik lainnya.