Gerakan kuncian aikido

Olahraga bela diri ada berbagai macam dan salah satunya adalah aikido di mana aikido ini dikenal sebagai seni bela diri yang memadukan keharmonisan antara tubuh dan pikiran dengan hukum alam. Seni bela diri yang asalnya dari Jepang ini adalah hasil dari modernisasi dan manifestasi pemikiran Jepang yang diselimuti tetap dengan budaya tradisional Jepang.

Hasil gambar untuk aikido

Morihei Ueshiba adalah orang yang mengembangkan bela diri ini di tahun 1800-an sehingga sekarang jadi begitu diminati oleh berbagai kalangan di abad modern dan bahkan mereka menjadikan bela diri ini justru sebagai gaya hidup. Namun bicara tentang teknik aikido, bela diri ini berfokus pada penguasaan diri dalam setiap latihannya dan juga kesempurnaan teknik. Sementara bela diri yang lain pada umumnya berfokus utama pada kecepatan dan kekuatan fisik selama latihan. Teknik yang diutamakan pada olahraga bela diri ini adalah teknik lemparan (mirip dengan bantingan), kuncian, dan elakan. Dan justru tendangan dan pukulan merupakan teknik yang cukup jarang dipakai atau malah dihilangkan di perguruan-perguruan aikido.

Hasil gambar untuk matras thai boxing

Perlu diketahui bahwa aikido ini merupakan sebuah bela diri yang memang banyak digunakan untuk perkelahian jarak dekat dan juga cepat. Istilah dari perkelahian jarak dekat dan cepat adalah close combat dan penting juga untuk tahu bahwa pada bela diri aikido, setiap tekniknya diketahui dipengaruhi oleh:

  • Teknik Toya berpedang atau Yarijutsu
  • Teknik Pedang atau Kenjutsu
  • Teknik Kuncian Jujutsu, khususnya gaya Sokaku Takeda
  • Teknik Bantingan Judo Kodokan Jigoro Kano

Pada bela diri aikido, sistem kompetisi tidaklah diberlakukan seperti layaknya bela diri lain pada umumnya yang tujuan utamanya adalah untuk pemasyarakatan. Namun aikido sendiri memiliki sistem tersendiri yang bernama sistem embukai. Sistem ini berupa peragaan seni gerak bela diri yang tujuannya adalah memasyarakatkan dirinya.

informasi tambahan jual matras thai boxing disini

Hasil gambar untuk matras thai boxing

Mungkin kita sudah sering melihat teknik dasar judo maupun bela diri lainnya yang tekniknya telah mengalami penggubahan. Aikido memiliki banyak cabang teknik atau gaya yang sudah banyak diterapkan dalam zaman modern seperti sekarang. Memang teknik-teknik sudah sangat diperkaya, tapi tetap teknik dasarnya tak akan pernah ditinggalkan karena memang penekanannya lebih kepada kecepatan ketika mengatasi serangan dari lawan.