Fungsi Fogging Nyamuk yang Perlu Anda Ketahui

Penyemprotan nyamuk atau fogging nyamuk ini adalah salah satu hal yang perlu dilakukan untuk lingkungan yang telah terdapat kasus demam berdarah. Hal ini dilakukandengan tujuan untuk menghindarinyamuk demam berdarah  tidak lagi bersarang di lingungan tersebut. Pengasapan  tersebut biasanya dilakukan oleh para profesional yang ditunjuk oleh suatu badan usaha yang siap membantu apabila telah terindikasi demam berdarah.

Dalam kehidupan sehari-hari, nyamuk memang sangat dekat keberadaannya dengan manusia dan dapat berkembangbiak dengan cepat pada air yang menggenang misalnya berada di dalam botol bekas, pot bunga, saluran air, dan lain sebagainya. Pada umumnya, nyamuk yang sering berkembang di lingkunganyang banyak genangan air antara lain seperti Aedes, Anopheles, Culex dan lain sebagainya. Metode yang biasanya dilakukan dalam pengendalian nyamuk yaitu dengan membasmi nyamukdewasa, kemudian menghambat perkembangan dari larva nyamuk. Pengendalian darinyamuk tersebut dapat dilakukan dengan teknik fogging mesin, spraying,mist blower,abatesasi, dan light fogger. Namun kebanyakan dilakukan pengasapan atau fogging karena lebih efektif dilakukandi daerah perkotaan.

Fogging atau pengasapan ini memang dapatdijadikan sebagai pengendalian nyamuk yang dapat dilakukan di luar ruangan maupun di dalam. Dengan alat mesinfogging atau termal fogging maka akan mengenai target pengendalian berupa nyamuk dewasa. Beberapa area yang biasanya dilakukan pengasapan antara lain seperti garbage area, drainage, jalur got, dan lain sebagainya. Fogging digunakan untuk membunuh sebagian besar dari vektor infektife yang cepat. Adapun waktu yang efektif dalam melakukan pengasapan antara lain sekitar pukul 07.00 hingga 10.00, dan sore hari pukul 15.00 hingga 17.00. Waktu efektif dilakukan hanya pagi dan sore karena pada siang hari nyamuk sudah tidak melakukan aktifitas karena udara panas. Selain itu, fogging juga sebaiknya dilakukan tidak saat hujan karena akan sia-sia, hal ini dikarenakan udara lembab bercampur dengan asap sehingga zat-zat kimia tidak bereaksi dengan maksimal. Demikian ulasan tentang fungsi fogging nyamuk yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat dan dapat dijadikan referensi Anda untuklebih berhati-hati dalam membasmi nyamuk.