Es Teh Tawar dan Manis, Mana Yang Lebih Baik?!

Es teh termasuk minuman segar yang seringkali kita buat untuk dikonsumsi di tengah hawa udara yang panas. Es ini juga dapat membantu dalam menggantikan cairan tubuh sehingga seringkali dijadikan pilihan kedua selain air putih untuk dikonsumsi. Ada beberapa fakta menarik di balik minuman ini. Salah satunya, teh tawar alias tanpa gula ternyata lebih baik dibandingkan teh yang ditambah gula. Ternyata, teh tawar memiliki berbagai komponen penting dan juga nutrisi yang bisa menghindari aneka dampak negatif pada kesehatan tubuh. Terutama sekali adalah dampak negatif yang timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi es dengan tambahan gula.

Es teh tawar lebih baik dari teh manis karena beberapa alasan. Pertama adalah karena rendah gula serta rendah kalori. Dalam teh tawar terkandung dua kalori dan sama sekali tidak terdapat gula di dalamnya. Ini tentu berbeda dibandingkan dengan teh manis ukuran 240 ml yang mengandung 22 gram gula serta 89 kalori. Sehingga, teh tawar juga menjadi minuman yang bagus untuk diet dan akan mendukung program penurunan berat badan. Kedua, selain rendah kalori dan tidak mengandung gula, teh tawar juga menjadi sumber mangan Dalam 240 ml teh tawar terdapat 520 mcg mangan. Mangan terutama dapat membantu dalam proses penyembuhan luka, membantu proses metabolisme dalam tubuh serta menjaga kekuatan tulang.

Mangan dalam teh tawar juga bisa mengaktivasi enzim yang bisa mencegah kerusakan jaringan. Kelebihan lainnya dari teh tawar adalah dapat menjadi sumber fluoride dan juga flavonoid. Dalam 240 ml teh tawar terkandung 0.5 mg fluoride. Fluoride terutama dibutuhkan dalam menjaga kesehatan gigi serta tulang dan juga mencegah kerusakan gigi. Sementara flavonoid akan dapat mencegah beragam penyakit kronis seperti jantung. Tidak hanya teh hitam, dalam teh hijau serta putih juga kaya akan flavonoid. Es teh dapat kita buat terutama dengan menggunakan teh celup. Ini karena teh celup memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga cocok sebagai bahan utama pembuatan es.

Manfaat Es Teh

Es teh termasuk minuman yang bisa dengan mudah kita temukan, mulai dari di warung pinggir jalan hingga di restoran berbintang. Manfaat teh dalam bentuk es di antaranya adalah mampu memerangi bau mulut serta plak di gigi. Teh juga bisa membantu orang yang memiliki darah tinggi karena dapat bertindak sebagai antibiotik. Teh tawar lebih bermanfaat dari teh manis karena rendah gula serta kalori. Selain itu, produk teh hijau atau teh oolong juga memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dnegan teh hitam.

Teh hijau ini juga lebih baik dalam program diet atau penurunan berat badan serta dapat mencegah lubang pada gigi dan lebih baik apabila kita mengonsumsi teh secara langsung atau diseduh terlebih dahulu daripada mengonsumsi teh dalam kemasan. Teh yang satu ini telah terbukti kualitasnya dan memiliki rasa serta aroma khas dari daun teh pilihan. Kita bisa meraciknya menjadi teh panas, teh dingin ataupun teh aneka rasa dengan tambahan buah-buahan. Demikian informasi seputar teh ini semoga bisa menjadi tambahan informasi untuk kita semua.