Cara Membuat Website di WordPress Mudah dan Sederhana

cara membuat website di wordpress

Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat website di wordpress. Misalnya, ketika Anda membaca artikel tentang cara membuat situs web di WordPress? Mungkin Anda membayangkan betapa sulitnya proses itu. Padahal WordPress telah memberikan kemudahan sebagai sistem manajemen konten bagi setiap pengguna yang ingin membuat website. Ikuti panduan yang kami tetapkan di bawah ini. Kami menjamin bahwa situs web Anda akan online dalam beberapa jam.

Berikut Cara Membuat Website di WordPress

1. Tentukan Jenis Website dan Niche (Topik)

Langkah pertama dan terpenting sebelum membuat website dengan WordPress adalah menentukan jenis website – bisa blog, situs e-commerce, company profile, dll. Be.

Topik website sangat beragam, mulai dari fotografi, cerita perjalanan (travel) hingga kuliner. Pilih topik yang sangat Anda sukai. Melakukan sesuatu yang sudah menjadi hobi dan cinta pasti tidak akan sulit bukan? Terlebih lagi, situs ini adalah proyek jangka panjang. Jangan membuat diri Anda merasa di tengah jalan bahwa Anda dikenai pajak.

2. Buat Nama Domain

Nama domain mewakili merek dan situs web Anda. Karena itu, saat membuatnya, Anda perlu mempertimbangkannya dengan cermat dan memilihnya dengan cermat.

Menurut Anda, apa kesamaan antara Wikipedia, YouTube dan Netflix? Ketiga layanan ini memiliki nama pendek dan unik yang mudah diingat, diucapkan, dan diketik di bidang browser.  Anda tidak ingin situs Anda sepi pengunjung karena namanya sulit diingat dan diketik?

3. Pilih Web Hosting

Untuk membuat situs website dengan WordPress, Anda memerlukan platform web hosting. Sebelum memutuskan layanan hosting mana yang akan digunakan, Anda perlu mengetahui dan mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Apa yang Anda Butuhkan. Berapa banyak sumber daya yang dibutuhkan situs web Anda, apa dan bagaimana Anda merencanakan untuk 12 bulan ke depan dan apakah Anda berencana untuk mengembangkan situs web Anda dan mendapatkan lebih banyak trafik.
  • Uptime Tinggi. Situs website masih berfungsi 24/7/365 dan tidak memiliki waktu henti reguler. Penting bagi Anda untuk memilih layanan hosting web dengan waktu aktif dan server yang stabil.
  • Bantuan Pelanggan. Jika situs tidak aktif atau mengalami masalah, Anda dapat meminta bantuan tim layanan pelanggan.
  • Mudah digunakan. Tidak setiap pemilik situs web memiliki latar belakang pemrograman. Oleh karena itu, layanan host harus memiliki panel kontrol yang mudah.
  • Harga bersahabat. Website adalah proyek jangka panjang. Oleh karena itu, Anda perlu menghitung besarnya biaya yang akan dikeluarkan. Jangan buang uang untuk hosting yang tidak memenuhi kebutuhan Anda.

4. Install WordPress

Menginstal WordPress dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui panel kontrol atau control panel Hostinger. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Setelah masuk ke dashboard Hostinger, klik ikon Auto-Installer.
  2. Cari dan klik ikon WordPress.
  3. Masukkan informasi penting di bawah ini:
    • URL – domain atau alamat situs WordPress terdaftar.
    • Bahasa (Language) – pilih bahasa utama untuk situs WordPress.
    • Administrator Username – username untuk masuk ke dashboard WordPress.
    • Administrator Password – password  untuk masuk ke admin area WordPress.
    • Administrator email –berikan alamat email pemberitahuan email aktif dan setel ulang kata sandi.
    • Judul Website (Website Title) – judul atau nama situs web Anda.
    • Tagline Website – slogan atau deskripsi singkat tentang situs Anda.
  1. Klik tombol Install.

5. Pilih Tema

Cara membuat website WordPress tidak berhenti pada langkah instalasi. Anda perlu memilih tema agar situs terlihat lebih menarik dan fungsional.

Apa pun jenis blog atau situs web yang Anda pilih, semuanya memerlukan tata letak dan tema. Misalnya, situs e-niaga membutuhkan desain web yang lebih kompleks daripada desain blog.

Untuk menginstal tema, buka Dasbor WordPress dan arahkan penunjuk mouse ke tab Penampilan. Pilih Tema dan klik Tambah Baru. Temukan tema WordPress yang diinginkan, lalu pindah ke tengah-tengah tema dan klik tombol Instal.

6. Install Plugin

WordPress memiliki sejumlah plugin yang mendukung dan meningkatkan fungsionalitas situs, seperti kemampuan untuk menambahkan admin, perlindungan dan keamanan situs web, dan sebagainya.

Berikut beberapa contoh plugin WordPress:

  • WooCommerce
  • Yoast SEO
  • W3 Total Cache
  • Keyy Two Factor Authentication

Cara install plugins:

  1. Klik pada opsi Plugins yang dapat Anda temukan di dashboard WordPress.
  2. Klik tombol Add New di bagian atas halaman.
  3. Masukkan kata kunci atau plugin di bidang pencarian. Kemudian klik tombol Install New di sebelah plugin.
  4. Klik Unggah plugin jika sebelumnya Anda telah mengunduh plugin tersebut.
  5. Pilih Select File untuk menambahkan plug-in ke komputer Anda, dan kemudian klik Install Now.
  6. Klik Activate Plugin untuk mengaktifkan plugin setelah instalasi berhasil.

Baca juga :

Kesimpulan

cara membuat website dengan WordPress yang kami rangkumkan untuk Anda:

  1. Tentukan jenis website dan niche (topik).
  2. Buat nama domain.
  3. Pilih web hosting.
  4. Install WordPress.
  5. Pilih tema.
  6. Install plugin.

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga atikel saya tentang cara membuat website di wordpress bermanfaat.

Good Luck:)