Cara Membuat Kopi Cold Brew

Kopi cold brew ternyata jadi menu favorit di banyak kafe. Dan perlu diketahui cara membuat kopi cold brew ternyata tidak rumit. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.

Kesalahan Dalam Membuat Resep Cold Brew

Membuat kopi cold brew sebenarnya cukup sederhana, jadi Anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah. Alat yang digunakan tidak harus secanggih di kedai kopi profesional (mesin pembuat kopi), kita hanya bisa membuat minuman dingin sendiri dengan sedikit mizudashi.

Meskipun membuat kopi cold brew cukup mudah, kesalahan masih terjadi saat membuat kopi cold brew.

Berikut beberapa kesalahan saat membuat kopi cold brew:

1. Pilihan kopi yang salah

Kopi itu memang selera. Namun ada “aturan” yang harus diperhatikan agar cita rasa kopi cold brew yang diseduh nantinya tidak berakhir dengan rasa asam yang semarak.

Memilih kopi yang salah dapat mencakup banyak faktor. Kopi yang dipilih misalnya kopi Robusta yang digiling terlalu halus dan disangrai gelap.

Mungkin itu sebabnya orang Turki menyebutnya “kuat seperti maut”. Juga, ingat bahwa prinsip minuman dingin adalah merendamnya selama berjam-jam.

Jadi pilihlah biji kopi yang jika direndam berjam-jam dapat melepaskan karakter magis yang ada di dalam biji kopi tersebut.

2. Kualitas air

Air juga dapat mempengaruhi kualitas rasa yang dihasilkan oleh minuman dingin ini. Kalaupun ada, para master kejuaraan barista tidak akan repot-repot membawa air sendiri saat bertanding.

Saat menyeduh kopi, Anda harus memastikan bahwa air yang akan Anda gunakan tidak mengandung terlalu banyak alkali atau klorin.

Air botolan boleh saja, tetapi air yang disaring umumnya dapat meningkatkan rasa kopi yang diseduh dan membuatnya sedikit lebih nikmat.

3. Waktu ekstraksi terlalu lama

Nah, waktu ekstraksi untuk membuat kopi cold brew rata-rata 8-12 jam, bukan 12 hari. Semakin lama bubuk kopi direndam, semakin enak rasanya.

Baru-baru ini, seorang fanatik kopi mengatakan kepada saya bahwa dia sedang membuat minuman dingin, tetapi waktu ekstraksi yang dia gunakan cukup lama, sekitar 10 hingga 12 hari.

Dan pada akhirnya dia bertanya, “Kenapa rasanya seperti ada alkohol di dalamnya, ya?”

4. Seduh dengan air panas lalu masukkan ke dalam kulkas

Itu hal paling berantakan yang pernah ada. Menurut para ahli kopi, esensi dari cold brewing adalah untuk menghilangkan asam dalam kopi.

Jadi air yang digunakan untuk menyeduh adalah air dingin atau air dengan suhu ruangan. Air dingin tidak membantu menghilangkan asam dari kopi dan sebaliknya, yang menekankan rasa manis dan karakter lembut kopi.

Seduh kopi dengan air panas lalu masukkan ke dalam lemari es, tentunya seperti dengan es kopi.

5. Pencampuran dengan ‘herbal lain’

Campurkan seduhan dengan sirup leci atau gula, misalnya, sebelum didinginkan di lemari es agar kopi seduhan dingin terasa sedikit “lebih manis”.

Menyiapkan cold brew sebenarnya sangat mudah, karena tidak semua biji kopi dan single origin cocok untuk kopi cold brew.

Tapi itulah seninya. Kita harus pandai memilih biji kopi saat diseduh dingin agar rasa atau karakter yang tercipta bisa luar biasa tanpa harus mencampur gula atau yang maniak lainnya.

6. Penyimpanan salah

Misalnya pada wadah atau botol bekas untuk menyimpan bumbu atau rendang bekas. Tentu tidak enak jika cold brew terasa pedas.

Sebaiknya, pilihlah botol yang bersih dan tidak berbau atau beraroma sehingga tidak mempengaruhi cita rasa kopi cold brew.

7. Penggiling yang tidak tepat

Karena perendamannya lama dan proses ekstraksinya cukup lama, sebaiknya kopi digiling dengan kecepatan sedang sebelum dibuat cold brew.

Kopi yang terlalu halus membuat cold brew lebih intens dan kuat. Tentu saja, kecuali Anda menyukai karakter seperti itu, Anda dapat mencobanya.

Baca juga : Cara Membuat Es Kopi Kekinian

Cara Membuat Kopi Cold Brew

1. Resep Cold Brew Menggunakan French Press

Cara Buat Cold Brew

French press adalah salah satu mesin kopi yang paling umum dan juga dapat digunakan untuk menyiapkan kopi cold brew. Cara Membuat Cold Brew Dengan French Press :

Bahan-bahan

  • French press
  • 30 gr bubuk kopi medium (atau seseaikan ukuran french pressnya)
  • 300 gr air mineral dingin/suhu ruangan
  • Timbangan

Cara Membuat Cold Brew Menggunakan French Press

  1. Pertama, siapkan french press dan timbangan. Tuang kopi yang sudah disiapkan ke dalam French press.
  2. Tuang air mineral ke dalam French press kurang lebih dari 80 gr. Kemudian aduk selama 20 detik hingga merata.
  3. Kemudian tambahkan air hingga 300 g. Masukkan plunger dan dinginkan selama 12-13 jam.
  4. Setelah 12 jam, tuangkan kopi dari French press ke wadah lain untuk menghentikan proses ekstraksi.
  5. Nikmati kopi dengan es batu. Selesai.

2. Resep Cold Brew ala Cafe

Bahan-bahan

  • Botol atau toples kaca
  • Saringan
  • 100 gr kopi giling
  • 800 ml air dingin/suhu ruangan

Cara Membuat Cold Brew ala Cafe

  1. Pertama, masukkan kopi giling dan juga air ke dalam botol atau toples kaca.
  2. Kemudian simpan di lemari pendingin selama 8-12 jam.
  3. Lalu keluarkan dari kulkas dan saring lalu buang ampasnya.
  4. Dan cold brew sudah siap disajikan.

Nah, itulah cara membuat kopi cold brew yang dapat kalian coba dirumah. Sedikit informasi, bagi kalian yang memiliki usaha kopi dan masih menggunakan tradisional membuatnya. Sekarang ada yang lebih modern dan canggih nih yaitu mesin pembuat kopi. Untuk mesin lainnya kalian bisa mengunjungi rumahmesin. Semoga membantu yaa !