Cara Membuat Briket Dari Serbuk Kayu Gampang Dan Bermanfaat

Hai Teman Teman Kali ini saya Akan Membuat Artikel Tentang Cara Membuat Briket Dari Serbuk Kayu Gampang Dan Bermanfaat Semoga Berguna bagi kita semua

Cara Membuat Briket Dari Serbuk Kayu Gampang Dan Bermanfaat

cara-membuat-briket-dari-serbuk-kayu

Serbuk gergaji ini biasanya akan dibuang dan tidak digunakan dan akan menimbulkan banyak masalah lingkungan dari bahan yang satu ini. Namun kini serbuk gergaji dapat dimanfaatkan secara efektif untuk mengurangi permasalahan lingkungan dengan membuat briket dari serbuk gergaji. Pembuatan briket dari serbuk gergaji sangat mudah dengan bahan kayu yang mudah terbakar. Briket yang terbuat dari serbuk gergaji dapat digunakan sebagai bahan bakar memasak dan berbagai kebutuhan lainnya. Briket serbuk gergaji ini dapat dibuat dari serbuk gergaji yang dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau.

Bahan Pembuatan Briket Serbuk Kayu :

  • Serbuk kayu
  • Tempurung kelapa
  • Lem kanji

Peralatan :

  • Ayakan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh
  • Oven
  • Cetakan briket

Ingin Lebih mudah dalam membuat Briket Gunakanlah Mesin Berikut : Mesin Briket Arang Kelapa

Cara Membuat Briket Dari Serbuk Kayu Gampang Dan Bermanfaat

Pengarangan

Serbuk kayu yang telah diperoleh dengan bahan tempurung kelapa ini dibakar menjadi arang.

Pengayakan

Jika menghasilkan arang yang bagus, cobalah ayakan untuk menghasilkan tepung arang. Arang dari serbuk gergaji diayak dengan ayakan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ayakan 70 mesh.

Pencampuran

Serbuk serbuk gergaji dan arang tempurung kelapa dicampur dengan perbandingan 90% serbuk gergaji dan 10% arang tempurung kelapa. Selama proses pencampuran dapat ditambahkan dengan lem kanji hingga 2,5% dari campuran arang.

Pencetakan briket arang

Setelah bahan tercampur, bahan arang dapat langsung dimasukkan ke dalam cetakan briket dan ditempa. Setelah briket dipres, briket dapat langsung dikeringkan dengan oven pengering atau dijemur di bawah sinar matahari langsung. berguna dalam bentuk bahan bakar untuk kebutuhan memasak sehari-hari.

Fungsi dan Kegunaan dari Penggunaan Briket

cara-membuat-briket-dari-serbuk-kayu

Selain digunakan sebagai bahan utama pembakaran, briket juga memiliki sejumlah fungsi dan kegunaan lain. Selain itu, briket ini dibuat dari bahan terbarukan agar lebih hemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Di bawah ini adalah beberapa fungsi briket.

1. Go Green Energy

Briket merupakan bahan bakar yang ramah lingkungan. Hal ini karena briket menggunakan bahan yang tersedia dari alam serta energi alternatif terbarukan.

2. Energi yang Terbaharukan

Briket adalah energi terbarukan. Dengan kelebihan dan kekurangan tersebut, briket dibuat dari sumber daya biomassa alam, yaitu bahan biologis yang diperoleh dari alam. Beberapa contoh sumber biomassa adalah kayu bakar, kelapa, limbah, dan alkohol.

3. Tidak Beracun

Fungsi briket tidak diperlukan, jika dibuat dengan proses alami dengan penambahan tepung singkong dari singkong sebagai perekat adonan briket. Oleh karena itu, briket arang tempurung kelapa merupakan bahan yang aman dan tidak beracun.

4. Tidak Berasap

Briket juga bebas asap rokok. Inilah keunggulan briket sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama.

5. Panas Maksimal

Selain itu, briket memiliki panas maksimum yang cukup untuk memanaskan hingga 7000 kal. Fungsi briket ini sebenarnya memiliki kelebihan dalam proses pemasakan, sehingga lebih cepat matang.

Ingin Mengetahui Lebih Banyak Tentang Mesin Kunjungi : RumahMesin

6. Waktu Pembakaran yang Lama

Briket arang yang terbuat dari batok kelapa memiliki umur yang panjang, hingga 2 sampai 3 jam non stop. Dengan keunggulan tersebut, briket dianggap sebagai bahan bakar yang efektif dan efisien.

7. Salah Satu Sumber Pendapatan

Menyediakan sumber pendapatan bagi pemasok bahan baku briket seperti batubara, tanah liat, kapur, biomass pulver, dll.

8. Menyerap Tenaga Kerja

Sebagai tempat untuk memulai pekerjaan yang akan dilakukan di pabrik briket, distributor, industri oven dan mesin briket, dll.

Baca Juga : Cara Membuat Briket dari Sekam Padi

Sekian Dulu Pembahasan Dari saya Tentang Cara Membuat Briket Dari Serbuk Kayu Gampang Dan Bermanfaat Semoga bermanfaat bagi kita semua