Cara Membuat Briket dari Sekam Padi

Pada artikel kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara membuat briket dari sekam padi. Seperti yang kamu tahu briket adalah salah satu bahan bakar yang sama seperti arang. Briket dan arang pun tak jauh beda loh. Jadi di artikel kali ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang briket dari sekam padi.

Jadi apa sih Briket itu?

Briket merupakan sumber energi yang berasal dari biomassa
digunakan sebagai pengganti energi alternatif, minyak bumi dan energi lainnya diekstraksi dari fosil. Briket bisa dibuat dari bahan baku yang banyak kita gunakan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti batok kelapa, sekam padi, arang, Kerang, serbuk gergaji (sawdust), jagung rebus, daun, dan lain-lain

Briket diproduksi menggunakan proses pengepresan atau pemadatan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai kalor per satuan luas a. meningkatkan Menggunakan biomassa sebagai energi alternatif jadi Ukuran biomassa yang relatif kecil menghasilkan energi yang besar. juga bentuk biomassa menjadi lebih seragam, sehingga lebih mudah digunakan
Proses pergudangan dan distribusi.

Fungsi dan Kegunaan dari Penggunaan Briket

Selain digunakan sebagai bahan utama dalam pembakaran, briket juga memiliki beberapa fungsi dan kegunaan lainnya. Apalagi briket ini dibuat dari bahan bahan yang terbaharukan jadi lebih hemat bahan bakar dan lebih ramah lingkungan. Berikut ini beberapa fungsi briket.

1. Go Green Energy

Briket merupakan salah satu bahan bakar yang ramah akan lingkungan. Hal tersebut dikarenakan briket memakai bahan yang terdapat dari alam dan juga energi alternatif yang dapat diperbaharukan.

2. Energi yang Terbaharukan

Briket berfungsi sebagai energi terbarukan. Dengan kelebihan dan kekurangan tersebut, briket dibuat dari sumber daya biomassa alam, yang bahan biologisnya diperoleh dari organisme hidup. Beberapa contoh sumber biomassa adalah kayu bakar, kelapa, limbah, dan alkohol.

3. Tidak Beracun

Fungsi briket tidak beracun, apalagi jika dibuat dengan proses alami dengan bahan tambahan tepung tapioka dari singkong sebagai perekat adonan briket. Oleh karena itu, briket arang tempurung kelapa merupakan bahan yang aman dan tidak beracun.

4. Tidak Berasap

Briket juga bebas asap rokok. Inilah keunggulan briket sebagai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, seperti dijelaskan pada poin pertama.

5. Panas Maksimal

Selain itu, briket memiliki panas maksimum yang cukup tinggi untuk memanaskan hingga 7000 kal. Fungsi briket tersebut justru memiliki keunggulan dalam proses pemasakan, sehingga lebih cepat matang sempurna.

6. Waktu Pembakaran yang Lama

Briket arang berbahan batok kelapa memiliki waktu pembakaran yang cukup lama, yaitu bisa 2 sampai 3 jam tanpa henti. Dengan keunggulan tersebut, briket dianggap bahan bakar yang efektif dan efisien.

7. Salah Satu Sumber Pendapatan

Menyediakan sumber pendapatan bagi pemasok bahan baku briket seperti batubara, tanah liat, kapur, biomassa bubuk, dll.

8. Menyerap Tenaga Kerja

Merupakan tempat untuk memulai pekerjaan yang akan dilakukan baik di pabrik briket, distributor, industri oven dan mesin briket, dll.

Cara Membuat Briket dari Sekam Padi

Untuk dapat menggunakan tempurung sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah, gas atau arang, terlebih dahulu cangkang harus diolah menjadi arang cangkang. Pembuatan arang tempurung cukup sederhana dan dapat dilakukan sendiri oleh petani dan keluarganya tanpa peralatan khusus dan tenaga kerja yang banyak. Berikut ini cara membuat briket dari sekam padi.

Proses pembuatan briket arang sekam menggunakan alat pembakar, alat alat tersebut meliputi:

  • cerobong besi sepanjang kurang lebih 1 meter
  • gembor untuk menyiram
  • sekam padi
  • kayu bakar

Cara kerja:

  1. Bakar dulu kayu bakarnya sampai menjadi batu bara
  2. Tutupi arang dengan cerobong besi yang disediakan
  3. Setelah cerobong asap panas, taburkan mangkuk di sekitar cerobong asap, biarkan mangkuk berubah menjadi arang, lalu tarik keluar dari cerobong asap.
  4. Isi mangkuk baru di sekitar cerobong asap, lanjutkan hingga semua mangkuk habis.
  5. Bilas kulit arang sampai benar-benar dingin agar tidak menjadi abu.

cara membuat briket arang dari sekam padi

Briket merupakan hasil pemadatan arang tempurung yang dicampur dengan lem. Tujuan dari densifikasi ini adalah agar batubara yang terbentuk lebih awet dan panas yang dihasilkan lebih tinggi tanpa menimbulkan asap. Langkah-langkah kerja dalam produksi briket arang tempurung adalah:

Tumbuk arang dengan memakai lesung sehingga dihasilkan tepung arang sekam yang halus.

  1. Siapkan bahan perekat berupa tanah liat yang dicairkan dengan air dengan perbandingan 5:1 (tanah liat : air).
  2. Campur bahan perekat dengan perbandingan 6 bagian kulit dan 1 bagian lem ke dalam tepung kangkung dan aduk.
  3. Cetak adonan dengan potongan bambu atau paralon dengan panjang 5 inci dan diameter 1 inci.
  4. Keringkan briket yang sudah dicetak sampai benar-benar kering (waktu pengeringan tergantung cuaca)

Kunjungi juga: Rumah Mesin

Penutup

Jadi itulah artikel tentang cara membuat briket dari sekam padi dan kegunaan dan manfaat dari briket tersebut. Semoga artikel yang saya sampaikan dapat bermanfaat terutama buat yang ingin tau tentang briket.

Jika anda tertarik dengan usaha pembuatan briket, anda bisa menggunakan mesin briket arang kelapa dalam membuatnya. Mesin ini lebih mudah untuk digunakan dan juga hasil yang lebih berkualitas daripada dikerjakan secara manual.

Sekian dari saya dan sampai jumpa.