Berikut Tips Memulai Diet Keto untuk Pemula

Menjaga berat badan tidak hanya penting untuk penampilan yang baik, tetapi juga untuk kesehatan tubuh Anda. Menjaga berat badan membantu mengurangi risiko penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, tekanan darah, dan risiko kanker. Itulah mengapa tidak sedikit orang yang mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan, salah satunya dengan diet.

Baru-baru ini, diet keto menjadi salah satu program diet yang sedang populer di Indonesia. saat ini sudah banyak cerita sukses orang lain yang menggunakan program diet ini untuk menurunkan berat badan. Selain itu, manfaat diet keto tidak sebatas membantu menurunkan berat badan. Untuk bisa mencapai target berat badan dengan tetap menjaga kesehatan, tentunya diet keto harus dilakukan dengan cara yang benar.

Yuk cari tahu lebih lanjut tentang diet keto!

Apa itu Keto Diet?

Diet keto sebenarnya telah ada selama hampir 100 tahun dan dianjurkan untuk anak-anak yang menderita epilepsi dan resistensi obat pelangsing karena membantu mengurangi frekuensi kejang. Dan saat ini program diet keto ini sudah banyak di lakukan oleh banyak orang terutama yang menderita diabetes dengan tujuan untuk menurunkan berat badan mereka.

Popularitas diet keto memang semakin meningkat pesat belakangan ini karena diet ini memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, di antaranya:

Banyak yang membuktikan bahaw diet keto ini mampu menurunkan berat badan hingga 2 kali lebih cepat di banding dengan diet yang lainnya.

Diet keto bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama meski kalori yang Anda dapatkan lebih sedikit.

Bagaimana Diet Keto Bekerja

Apa yang membuat diet keto begitu efektif untuk menurunkan berat badan? Diet pada diet keto adalah diet rendah karbohidrat dan rendah gula.

Kondisi ketika lemak dalam tubuh mulai terbakar disebut ketosis. Penurunan asupan karbohidrat dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa hal seperti berkurangnya energi, rasa lapar yang lebih hebat, dan mual.

Untuk meminimalisir masalah tersebut, Anda bisa memulai diet keto dengan mengurangi asupan karbohidrat Anda sedikit demi sedikit.

Asupan suplemen 3000-4000 mg sodium, 1000 mg potasium, dan 300 mg magnesium per hari dapat membantu Anda mengurangi efek samping dari diet keto.

Tahapan Keto Diet

Untuk melakukan diet jenis ini tentunya Anda harus memahami tahapan-tahapan yang harus Anda lalui. Untuk itu, ketahui beberapa langkah dalam diet keto yang perlu Anda ketahui untuk bisa menjalani diet keto dengan benar, yaitu:

Tahap Induksi

Caranya, kurangi asupan karbohidrat dan asupan makanan hewani, seperti telur, daging, ayam, dan ikan, hingga 10 gram per hari.

Tahap Konsolidasi

Pada tahap ini, orang yang sedang menjalani diet keto diperbolehkan mengonsumsi sayuran dan sumber protein nabati, namun tidak disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan.

Pada tahap ini maka saat anda menjalani diet keto anda akan merasa lebih sehat dan gula darah anda akan perlahan kembali normal.

Tahap Pemeliharaan

Pada tahap ini, tubuh Anda mulai terbiasa membakar lemak sebagai sumber energi. Anda juga boleh makan buah, namun asupan karbohidrat sebaiknya dibatasi maksimal 20 gram per hari.

Selain itu, orang yang sedang menjalani diet keto disarankan untuk memeriksakan kadar gula darahnya secara rutin dan menjaga kadar gula darahnya tidak lebih dari 90 mg / dl. Perhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh agar lebih sehat.