Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Kena Banjir

Ini musim hujan. Kondisi jalan di berbagai lokasi di kota-kota besar di Indonesia belum siap menghadapi banjir besar. Ini dapat memengaruhi kondisi lalu lintas, terutama bagi pengguna mobil.

Salah satu efek dari seringnya banjir adalah kegagalan suku cadang kendaraan bermotor seperti motor dan kaki. Kerusakan tidak langsung sama sekali, tetapi jika mobil sering dipaksa untuk menaikkan kolam ke tingkat yang cukup tinggi, ini akan menjadi bahaya tersembunyi di masa depan.

Risiko bukanlah masalah sepele. Misalnya, untuk memperbaiki mesin mobil kurang dari Rs 200 crore, pemilik harus membayar Rs 25 crore. Memang, tanda-tanda banjir mobil akan muncul dalam beberapa bulan mendatang dan kualitas mobil akan terus menurun.

Ini adalah jenis palu air dan gejala biasanya ditemukan pada kendaraan selam. Ini adalah efek air yang masuk ke ruang bakar mesin.

Untuk menghindari kerusakan yang dapat menyebabkan puluhan juta kerugian, pemilik mobil harus memahami bahwa mobil tidak memiliki bagian yang terendam terutama untuk rental mobil Bekasi yang sering lalu Lalang didaerah banjir.

ECU, injektor dan generator

Sebagai bagian dari sensor pengapian, unit kontrol elektronik biasanya terletak di bawah gearbox. Meskipun beberapa mobil merancang bagian ini agar tahan air, efek kebocoran air dapat masuk ke soket yang rusak dan menyebabkan korsleting. Secara umum, lokasi ECU dapat di dua tempat, di kabin atau di ruang mesin.

Selain unit kontrol elektronik, unit injektor dan generator juga harus dipertimbangkan. Injektor bertanggung jawab untuk menyuntikkan bahan bakar listrik. Meskipun energinya kecil, injektor sangat rentan terhadap kontaminasi air. Generator bertindak sebagai energi listrik baterai dan menjadi sumber dari semua energi listrik di dalam kendaraan.

Meskipun tidak ada tanda-tanda kerusakan pada kendaraan yang dirasakan segera setelah kendaraan tidak berfungsi, yang terbaik bagi pemilik kendaraan untuk memeriksa daerah tersebut setelah banjir. Untuk kedua bagian, yang terbaik adalah memeriksa mobil Anda di bengkel yang disetujui atau tepercaya.

Sumbat, katup, kabel, dan relai

Selain banjir, sistem listrik penting lainnya termasuk colokan, katup, kabel dan relay. Sebagai sumber listrik, soket yang rusak dapat menyebabkan korsleting.

Di sisi lain, katup adalah penangkal arus pendek yang menyebabkan korsleting. Oleh karena itu, kerusakan pada bagian ini secara langsung akan mempengaruhi kekuatan bagian lain.

Kabel dan relay adalah bagian yang harus dilindungi dari percikan air. Relay bertindak sebagai manajer besar saat ini, seperti start generator atau headlight. Jika kabel masuk ke air dan keluar, skenario yang paling mungkin adalah mobil bisa terbakar.

Kompresor radiator dan AC

Mobil yang direndam dalam air sering membawa debu ke dalam radiator radiator. Kotoran dapat mengganggu kinerja dan kerusakan pendingin. Perawatan harus diambil untuk membersihkan peralatan telanjang ini untuk memastikan kinerja yang optimal.

Ketika Anda merasa pendinginnya aman, jangan menyaring kompresor AC. Sebagai metode memompa air pendingin ke dalam lubang kabinet, itu dapat mencegah peralatan dari terkena air selama banjir. Ketika direndam dalam air, pendingin udara mobil mungkin tidak melepaskan udara dingin karena masalah dengan sistem elektromagnetik kompresor.

Sebagai tindakan pencegahan, tutup panel AC ketika banjir dan air mencapai bagian atas bemper mobil.

Kaki seperti rem dan bushing

Bagian terakhir yang tidak pernah tenggelam dalam banjir adalah bagian dari mobil, kaki adalah rem dan bushing lengan.

Karena sejumlah besar kotoran yang bocor ke kaki oleh air kotor, sebagian besar mobil ini mungkin runtuh atau rusak. Jika benar-benar kotor, dapat dibersihkan dengan menghembuskan udara bertekanan tinggi dari kompresor.

Isolator lengan lengan adalah bagian otomotif yang terbuat dari karet dan digunakan untuk mengamankan lengan ke struktur untuk mencegah kontak antar logam.

Karena air terperangkap setelah mobil bertabrakan dengan banjir, bagian itu rawan berkarat. Untuk tujuan pemeliharaan, pemilik dapat mencemari busing dengan minyak atau menggantinya jika perlu. Bushing yang rusak dapat mempengaruhi kontrol dan stabilitas kendaraan selama perjalanan panjang.

Selain memahami bagian-bagian penting dari mobil yang belum pernah terendam, langkah selanjutnya adalah menentukan asuransi kendaraan melalui layanan Garda Auto Digital untuk mencegah kerusakan akibat banjir.

Garda Auto Digital adalah gaya hidup baru bagi pemilik mobil yang membutuhkan asuransi mobil cepat. Fasilitas termasuk pendaftaran asuransi mobil online dan peramban seluler di Garda.

Fitur lain dari Garda Oto Digital adalah kesederhanaan klaim. Jika kendaraan Anda rusak karena banjir, yang harus Anda lakukan adalah mengirimkan permintaan Anda dengan mengambil gambar dan mengunggah gambar mobil melalui aplikasi. Setelah mobil memasuki proses perbaikan, konsumen dapat memantau keadaan operasi kendaraan sampai perbaikan selesai.

Melalui proses pendaftaran dan penarikan yang sederhana, konsumen dapat dengan mudah melakukan perbaikan otomatis (seperti pemantauan smartphone) dengan menunggu perusahaan asuransi mendapatkan semua layanan perbaikan. Juga memastikan bahwa Digital Oto Guard dilindungi dengan fitur-fitur canggih, seperti: B. Hemat banjir.

Namun, harap dicatat bahwa mengemudi paksa tidak dianjurkan jika kendaraan tidak dapat mengemudi di kolam renang yang sangat tinggi. Ini untuk menghindari penolakan tuduhan penyalahgunaan dan kerusakan permanen di masa depan.