Apa Saja yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Ikut Tes IELTS General

Perbedaan ielts general dengan yang akademik terletak pada tingkat kesulitan yang dihadapi peserta khususnya di reading dan writing. Dua elemen itu lebih kompleks dalam tes akademik. Karena tujuan mengikutinya untuk mengikuti program pendidikan di negara yang memakai Bahasa Inggris sebagai pengantar. Sementara ielts general ditujukan bagi yang hendak menetap di negara berbahasa Inggris.

Anda yang belum pernah ikut tes ielts general atau yang akademik biasanya merasa cemas. Apakah nanti mampu mencapai skor standar? Bagaimana jika gagal? Supaya tidak mengalami kejadian yang anda cemaskan itu, beberapa persiapan wajib dilakukan.

Kenali Kemampuan Dasar Anda
Ada empat elemen yang akan dinilai dari anda yang mengikuti tes general ini. Elemen-elemen itu adalah reading, writing, listening, dan speaking. Nah, dari empat elemen itu, mana yang paling anda kuasai? Biasanya, orang yang terbiasa listening akan cukup lancar juga dengan praktik speaking. Sementara orang yang terbiasa writing umumnya sangat lancar dengan praktik reading. Tapi kadang-kadang rumusan itu tidak selalu tepat. Bisa jadi hanya ada satu kemampuan yang paling bagus, misalnya reading. Dari situ anda bisa mematangkan lagi supaya saat tes di bagian reading nanti dapat dimaksimalkan. Namun sebaliknya, elemen yang paling lemah harus anda tingkatkan.

Mengikuti Simulasi Online
Untungnya sekarang banyak model simulasi tes ielts yang disediakan. Anda hanya perlu memilih model simulasi yang tepat. Tapi jangan keburu puas dengan hasil simulasi, apalagi yang ternyata model pertanyaannya sudah anda hapal karena sering dijumpai. Penting sekali mengikuti simulasi ielts general supaya kelas saat ikut tes yang asli tidak gugup atau kebingungan.

Apa yang akan dikerjakan dari model simulasi tes online itu? Semua jenis pertanyaan dengan standar khusus yang akan mengukur kemampuan ielts baik yang general atau akademik. Selama mengikuti simulasi tes ini jangan dilakukan asal-asalan. Maksudnya, ikuti dari semua aturan termasuk durasi waktu supaya nanti hasilnya bisa jadi tolok ukur kemampuan ielts anda.

Rentang Waktu Sebelum Tes
Hindari mengikuti tes secara mendadak. Faktanya, kebanyakan peserta tes tidak mempersiapkan dengan baik karena sering mendaftar di waktu yang mepet. Banyak alasannya seperti lupa bahwa itu adalah syarat dari sebuah prosedur yang akan diikuti, atau bisa jadi karena belum ada biaya untuk mendaftar. Sebaiknya, rencanakan rentang waktu yang tepat. Idealnya, anda dapat mempersiapkan diri sebelum tes sekitar 30 hari atau kira-kira 2 minggu.

Fokus Persiapan Tes
Apakah selama menunggu jadwal tes ielts general itu maksudnya anda harus fokus terus-terus belajar dan memikirkan cara suksesnya? Tidak seperti itu juga. Justru anda harus semakin rileks tapi tidak mengabaikan metode belajar. Banyak variasi belajar yang dapat anda lakukan semisal dari bahan bacaan, lirik lagu, atau film, sesuaikan dengan minat anda.