7 Tips Untuk Mempromosikan Gagasan Wirausaha Anda, Baik Untuk Para Malaikat Atau Hiu  

Apakah Anda siap menyajikan ide bisnis Anda kepada para investor kaya di Shark Tank? Ingatlah bahwa lima Hiu yang sukses duduk di hadapan Anda (atau Dragons di Inggris, Lions di Finlandia, atau Macan asli di Jepang) pernah menjadi sepatu Anda, dan semua telah belajar di mana mencarinya, dan bagaimana cara melempar, untuk mengamankan pendanaan untuk ide-ide wirausaha mereka. pendaftaran merek

Baybars Altuntas adalah hiu, atau lebih tepatnya seekor naga pada versi Turki dari acara reality TV. Ia juga seorang wirausahawan yang sukses, dan sebagai Duta Besar Forum Wirausaha Dunia, sebuah think tank global yang berdedikasi untuk berwirausaha, ia telah menyumbangkan satu bab untuk buku Planet Entrepreneur, dengan nasihat tentang di mana dapat menemukan calon investor, dan bagaimana melakukan pitch ke mereka.

Bukan berarti dia selalu melakukannya sendiri. Seperti halnya banyak wirausaha, kurva pembelajaran bisa curam, dan ia memiliki bagian yang adil dari kisah-kisah yang menginspirasi dan lucu. Kembali pada hari-hari sebelum internet, misalnya, ia mencoba menyusun daftar perusahaan waralaba yang ingin berbisnis di Turki. Pra-GOOG Google -0,5%, ingat, Anda harus beralih ke buku untuk informasi tersebut. Jadi dia menggunakan sebuah buku yang dia temukan di toko buku tua dan menemukan kemudian, ketika pembaca marah bereaksi, bahwa itu telah ditulis pada tahun 1922 dan semua waralaba telah lama keluar dari bisnis!

Namun di era digital, ia mengingatkan calon wirausahawan bahwa tidak ada batas lagi. Jadi apakah Anda menemukan diri Anda di depan lima hiu dan jutaan penonton TV, atau dengan lima menit dan pemirsa investor malaikat dari satu, sebagian besar keputusan mereka akan didasarkan pada kualitas presentasi Anda, dan orang-orang terlibat. Berikut adalah nasihat dari naga wirausaha yang telah mendengarkan banyak pitches.

Persiapkan diri Anda, bukan hanya ide Anda. Investor malaikat berinvestasi terlebih dahulu di wirausahawan bukan dalam rencana bisnis. Sangat penting bahwa investor dan pengusaha dapat bergaul. Mereka akan ingin melihat bahwa Anda cepat, bijaksana dan efisien, dan dapat mempertahankan proyek melalui konsepsi dan pertumbuhannya.
Tangkap yang penting. Malaikat lebih memperhatikan presentasi daripada rencana bisnis. Dapatkah Anda, dalam waktu kurang dari lima menit, menjelaskan proyek, laba atas investasi, dan strategi pertumbuhan?
Punya rencana sejak hari pertama. Para malaikat sangat tertarik dengan strategi keluar Anda. Banyak investor yang lelah setelah sekitar tujuh tahun dengan perusahaan dan mencari peluang baru. Jadi apa strategi keluar Anda? Apakah Anda akan menjual semua saham Anda kepada pengusaha baru? Go public dengan perusahaan? Menjual ke pemodal ventura? Waralaba?
Lakukan riset investor Anda. Anda harus mencari tahu sebanyak mungkin tentang investor malaikat Anda. Siapa yang pernah diinvestasikan sebelumnya? Sudahkah mereka berhasil? Seberapa baik mereka mengenal industri Anda? Berapa banyak waktu yang dapat mereka curahkan untuk Anda dan ide Anda?
Jaga uji tuntas di depan. Dibutuhkan sebagian besar investor 3 bulan untuk melakukan uji tuntas terhadap ide Anda. Pastikan bahwa itu tidak membuang-buang waktu mereka.
Negosiasikan tawaran term sheet. Kurangnya pengalaman dapat menjadikan ini bagian yang sangat menyakitkan dari keseluruhan proyek. Anda dapat pergi ke situs-situs Angel Capital Association (ACA) atau European Business Angels Network (EBAN) untuk mempelajari lebih lanjut tentang langkah ini.