7 Tempat Rekreasi Dieng yang Cantik dan Memesona, Harus Didatangi

Dieng menjadi satu diantara tujuan rekreasi yang paling terkenal di Indonesia. Nyaris tiap hari, destinasi wisata yang ada di Kabupaten Wonosobo ini simpan keelokan alam yang mempesona. Banyak destinasi wisata Dieng pantas ditempatkan ke daftar berlibur akhir minggu.

Sebetulnya, daratan tinggi Dieng berada antara dua kabupaten, yakni Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Daratan tinggi yang dipanggil Negeri di atas awan ini, dahulunya sebagai pusat peradaban agama Hindu pada sekitaran era ketujuh. Ada di ketinggian 2.093 mdpl, daratan tinggi Dieng Wonosobo tawarkan pemandangan alam yang cantik dan memesona.

Dengan range temperatur 8-15 derajat Celcius, dataran tinggi Dieng mempunyai beberapa destinasi wisata yang harus didatangi. Berikut sejumlah destinasi wisata Dieng yang umum di datangi beberapa Peserta Open Trip Dieng.

Candi Arjuna

Salah satunya destinasi wisata Dieng yang terbanyak didatangi ialah komplek Candi Arjuna. Pada tempat ini, ada lima bangunan candi, yakni Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Arjuna, Candi Sembadra, dan Candi Puntadewa.

Di kompleks candi Arjuna, Anda tidak mendapati arca seperti candi secara umum. Karena, arca-arca itu diletakkan di museum Kalisa yang terletak tidak jauh dari lokasi candi. Walau demikian, pelancong masih tetap dapat menyaksikan warisan-peninggalan riwayat lain di museum.

Telaga Warna

Destinasi wisata Dieng yang harus didatangi seterusnya, yakni Telaga Warna. Sesuai namanya, telaga ini mempunyai warna berbeda yang unik dan cantik.

Menurut legenda masyarakat sekitaran, warna yang ada di atas telaga itu karena cincin punya bangsawan yang jatuh ke telaga. Tetapi secara ilmiah, warna yang lain dari telaga itu karena ada pembiasan sinar di pengendapan belerang dasar telaga.

Bukit Sikunir

Untuk Anda yang ada di Wonosobo, seharusnya meluangkan diri untuk berkunjung Bukit Sikunir. Bukit yang berada di Dusun Sembungan ini mempunyai ketinggian 2.200 mdpl. Warna cahaya matahari yang kekuningan seperti kunir membuat warga di tempat memberikan nama sikunir atau seperti kunyit.

Padang Savana

Padang savana ialah destinasi wisata Dieng yang berada di Gunung Pangonan. Destinasi wisata ini sebagai lembah luas dengan rumput yang warna hijau keemasan yang kelihatan benar-benar cantik dan mempesona.

Dahulunya, destinasi wisata Dieng satu ini sebagai sisa kawah gunung Pangonan yang memiliki bentuk seperti mangkok raksasa seperti kawah besar dan disanggupi rumput-rumputan. Saat musim kemarau, padang savana warna cokelat dan warna hijau sirna saat musim hujan.

Kawah Sikidang

Kawah Sikidang sebagai destinasi wisata Dieng yang disebut sisa letusan berapi sampai membuat sebuah kawah. Disekitaran destinasi wisata ini, Anda dapat mendapati banyak formasi bebatuan-batuan belerang. Selai itu, Anda bisa juga coba olahraga berlebihan berbentuk menunggangi motor trail di medan yang melawan.

Telaga Mardada

Destinasi wisata Dieng yang cantik dan mempesona seterusnya, yakni Telaga Mardada. Antiknya, telaga ini tidak mempunyai sumber mata air dan cuman sebagai hasil tampungan air hujan. Umumnya, warga di tempat manfaatkan air telaga ini untuk menjaga tempat kentang disekitaran telaga.

Jernihnya air dan rumput hijau disekitaran telaga membuat destinasi wisata Dieng satu ini terlihat cantik dan asri. Karena itu, untuk Anda yang ada di Wonosobo, tempat ini harus Anda datangi.

Batu Ratapan Angin

Dieng sebagai daerah sisa gunung vulkanik purba yang tidak aktif kembali. Karena seringkali meledak, daerah ini mempunyai beberapa tebing artistik dengan wujud yang tidak teratur. Satu diantaranya batu ratapan angin, dari tempat ini kita dapat menyaksikan keelokan dieng dari ketinggian, menyaksikan telaga warna dan telaga pengilon dengan benar-benar terang.

Karena tempatnya tinggi, untuk sampai ke batu ratapan angin kita wajib melakukan treking dulu sepanjang lebih kurang 15 menit.