5 Manfaat Tempe yang Baik Untuk Kamu!

manfaat baik tempe

Tempe yang merupakan salah satu produk olahan hasil fermentasi biji keledai ini merupakan makanan asli Indonesia, tempe saat ini juga sudah mulai dilirik di berbagai negara karena manfaat baiknya. Tempe ini terbuat dari kedelai yang telah terfermentasi oleh Rhizopus oligosporus atau yang biasa dikenal sebagai ragi tempe.

Awal sejarah tempe ini dipercaya berasal dari Jawa Timur, produksi tempe sendiri telah dilakukan sejak abad ke 18 saat bangsa China membawa teknik memasak tahu yang kemudian diolah oleh masyarakat Jawa dan mencobanya kedelai.

Tempe dikenal sebagai salah satu makanan pokok oleh vegetarian dan biasanya digunakan sebagai pengganti daging, Kenapa? Karena tempe ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dalam 100 gram tempe terdapat 19 gram protein yang menjadikannya pilihan tepat saat ingin menggantinya dengan daging.

Tempe ini memiliki banyak manfaat salah satunya manfaat untuk kesehatan, kamu dapat menyimaknya dibawah ini.

  1. Mencegah osteoporosis

Dalam tempe memiliki kandungan kalsium dan vitamin K, kedua kandungan ini dikenal sebagai kandungan yang membentuk tulang. Dari proses fermentasi tempe ini jumlah vitamin k dan mineral akan meningkat, sehingga dikatakan tempe menjadi makanan yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita osteoporosis.

Aplikasi Rekomendasi Saham

  1. Menurunkan diabetes

Tempe memiliki kandungan mangat, protein dan juga vitamin B3 yang dapat menurunkan kadar gula darah, mangan ini merupakan senyawa yang dibutuhkan untuk membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah. Mangan juga diperlukan untuk membantu prose produksi enzim pencernaan.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Dalam proses fermentasi kedelai dan ragi ini akan membentuk asam fitat dan berbagai macam bakteri baik lainnya salah satunya probiotik. Probiotik ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga kesehatan tulang dan usus serta dapat memecah nutrisi dan membantu melancarkan pencernaan.

  1. Mencegah asma

Serat dalam tempe dipercaya dapat mempengaruhi kesehatan paru-paru. Serat memiliki fungsi yang penting untuk mengurangi tingkat peradangan terkait respon pernapasan. Serat dalam tempe ini juga dapat memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru.

  1. Menurunkan tingkat kolesterol

Tempe ini terbuat dari keledai, keledai memiliki senyawa bernama isoflavon. Isoflavon sendiri memiliki fungsi sebagai penurun kolesterol jahat, senyawa niasin dalam tempe juga dianggap dapat mengontrol kolesterol.

Simak artikel lainnya disini