5 Hal Ini Ditengarai Dapat Menyebabkan AC Rumah Rusak

Beberapa hal yang tidak Anda sadari ini ternyata dapat berakibat fatal pada usia ekonomis AC Anda. Lantas, apa saja hal yang menyebabkan AC rumah menjadi cepat rusak?

Selain faktor perawatan maupun maintenance, nyatanya terdapat hal lain yang disinyalir dapat menyebabkan AC rumah cepat rusak.

Tanpa Anda sadari terkadang hal ini sering Anda lakukan loh. Penasaran apa saja hal tersebut? Yuk simak bersama artikel dari jasa service AC Jakarta Pusat mengenai 5 hal yang menyebabkan AC rumah menjadi tidak berfungsi secara normal berikut ini.

AC Anda Tidak Normal? Kenali 5 Hal Penyebabnya Berikut Ini

Kenali beberapa hal berikut ini yang ternyata dapat mempengaruhi kinerja AC Anda. Penjelasan lengkapnya ada di setiap poin berikut ini.

1.      Mengatur AC ke Suhu Terendah Sementara Fan Kecepatannya Maksimum

Pengaturan AC pada suhu terendah yakni 16 derajat sementara fan berkecapatan maksimum dapat menyebabkan kompresor bekerja jauh lebih keras.

Jika dibiarkan maka dapat berpengaruh pada penggunaan daya listrik serta usia ekonomis AC. Jadi, usahakan untuk menyalakan AC kurang lebih 15 menit sebelum ruangan dipakai atau melakukan setting timer agar AC bisa awet.

2.      Menyalakan AC Sesaat Setelah Mematikannya

Hal lain yang sering tidak Anda sadari adalah menyalakan AC secara langsung ketika baru saja terjadi pemadaman listrik.

Anjurannya Anda baru boleh menyalakan jika sudah berselang beberapa menit. Hal ini berguna agar kompresor tidak cepat rusak.

3.      Jarang Membersihkan AC

Sebab utama AC tidak bekerja secara optimal adalah jarang melakukan proses pembersihan. Banyaknya debu, kotoran maupun jamur yang menempel dapat mempengaruhi fungsi kinerja AC terutama bagian filter.

4.      Lupa Memperhatikan Kondisi Freon

Freon cukup rentan akan terjadinya kebocoran. Untuk itu penting bagi Anda memeriksa kondisinya agar AC tetap terjaga suhu dinginnya.

5.      Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Tahukah Anda ternyata jika kondisi tegangan listrik yang tidak stabil dapat menyebabkan kinerja AC terganggu. Jadi, ketika Anda menemukan kondisi dimana AC milik Anda tidak bekerja optimal, silakan periksa tegangan listriknya. Bisa jadi memang kondisinya tidak stabil yang berakibat pada kinerja AC.

Beberapa hal tersebut dapat menyebabkan AC menjadi cepat rusak. Untuk itu, dihimbau Anda dapat melakukan pengecekan secara berkala agar AC tetap dapat bekerja secara optimal. Semoga bermanfaat.