10 Hal Yang Bikin Kita Ngefans Sama Leader Bangtan

10 Hal Yang Bikin Kita Ngefans Sama Leader Bangtan

Leader Bangtan – Kim Nam-joon (Hangul : 김남준), lahir di Kota Ilsan pada tanggal 12 September 1994. Namjoon aka RM merupakan anak tertua dari 2 bersaudara di keluarganya. Sejak kecil, RM dikenal sebagai laki-laki yang cerdas dan punya karakter yang unik. Berikut 10 ulasan yang bisa membuat kita ngefans dengannya.

1. Tertarik pada Humaniora Sejak Masih Muda

Ketertarikan RM pada Humaniora sudah terlihat sejak masa sekolah dasar. Waktu itu, RM lebih tertarik pada ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, nilai-nilai kemanusiaan, bahasa inggris, bahasa dan budaya. Hal tersebut tertulis pada buku Autobiografi “This is Hiphop” yang merupakan kumpulan para pelaku Hiphop korea yang didalamnya terdapat juga nama RM.

2. Punya koleksi 100 buku saat masih kecil karna hobi membacanya (lagu favorit dan gaya fashion)

Semenjak usia Sekolah Dasar, dibanding teman seusianya RM lebih banyak membaca berbagai buku literature dan biografi klasik. Membayangkan anak seusia itu memiliki ketertarikan yang lain dari seharusnya merupakan suatu hal yang langka sekaligus membanggakan. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan meminta kepada ibunya untuk membelikan buku-buku tersebut hingga mengoleksi penuh sekitar 100 buku. Sampai sekarang, hobinya itu masih melekat dalam diri RM. Di setiap kesempatan baik itu saat tour atau ke luar negeri, minimal ia selalu menyimpan 1 buku di dalam kopernya. Ia juga sering merekomendasikan beberapa judul lagu kepada Army di Twitter.

3. Pernah menjadi 1% teratas bangsa saat tes tiruan

Rupanya, julukan otak cerdas nan seksi itu bukan sekedar isapan jempol belaka. Namun, waktu itu RM menganggap momen itu sebagai momen dramatis karna di waktu yang sama, RM berencana masuk grup BTS yang akan dibentuk PD-nim dan ibunya bertanya mengapa ia mau memilih jalan yang tidak pasti ketika ia bisa belajar dengan baik. Yah, siapa sih orang tua yang tidak bangga mengetahui anaknya bisa mencapai prestasi sebesar itu. Ia sempat memikirkan perkataan ibunya, namun ia mengatakan “Nilai saya adalah 5000 di Negara ini, tetapi perusahaan ini mengatakan saya memiliki banyak bakat dan bisa menjadi #1 melalui rap.” Lucunya, saat ia bertanya pada ibunya, “Bu, apakah Anda lebih suka memiliki putra yang ke -1, atau putra yang ke -5000 ?” ibunya pun memberikan restu pada impian RM.

4. Memulai karir dari dunia bawah tanah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rappline BTS mengawali karir mereka dari dunia bawah tanah atau underground. Begitu pula dengan RM. Menjadi idol atau artis Korea memang tidak mudah, banyak proses yang harus dilalui termasuk penilaian visual. Namun, RM tak pernah menyerah pada impiannya. Tahun 2007, RM memulai karirnya sebagai rapper di komunitas hiphop bawah tanah (underground) Korea dengan grup rap “Daenamhyup” dan nama panggung Runch Randa. Pada tahun 2009 sempat mengikuti audisi untuk Big Deal Records, namun pada putaran kedua RM gagal karena lupa dengan semua liriknya. Beruntung karna masih muda, orang-orang memperlakukannya dengan baik.

5. Menjadi anggota BTS Pertama sejak tahun 2010

Mungkin istilah kegagalan adalah awal dari keberhasilan cocok untuk RM. Setelah kegagalannya di tahun 2009, RM justru diberi kontak Pdogg oleh Sleepy yang menjadi juri Big Deal Records. Yang awalnya bertekad untuk fokus belajar jadi termotivasi kembali mengejar impiannya. Tahun 2010 menjadi awal mulai terbentuknya BTS dengan member pertama, Kim Namjoon.

6. Fasih menggunakan Bahasa Inggris

RM adalah anggota yang paling fasih berbahasa Inggris diantara member BTS. kerap menjadi penerjemah dan mewakili BTS saat berbicara bahasa Inggris di Negara asing. Kemampuannya itu dia dapatkan secara otodidak dengan menonton serial Amerika, Friends.

7. Pernah berkolaborasi dengan artis luar negeri

Kolaborasi RM dengan beberapa arti solo dari luar negeri diantaranya adalah Tahun 2015 dengan Warren G dalam lagu ‘P.D.D’ (Please Don’t Die), dan dengan Mandy Ventrice di ‘Fantastic’. Tahun 2017 dengan Wale di ‘Change’, dan Fall Out Boys di ‘Champion’ (remix). Tahun 2018 dengann Honne di lagu ‘Seoul’ yang termasuk ladam miztape solo RM ‘Mono’ yang dirilis pada tahun 2018 lau.

8. RM menjadi alasan para member bergabung dengan BTS

Dalam salah satu program TV ‘New Yang Nam Show’, Jeon Jungkook anggota termuda BTS pernah mengatakan bahwa alasannya bergabung dengan BigHit dan BTS adalah karena kagum pada RM. “Dia bilang setelah tereliminasi (Superstar K), dia menerima banyak panggilan. Ini tidak bisa dipercaya ia menolak semua agensi besar dan lebih memiilih bergabung bersama kami” kenang Min Yoongi pada host yang penasaran dengan cerita itu. “Dulu, Rap mon hyung terlihat sangat keren. Aku melihat penampilannya dan memutuskan untuk bergabung dengan agensinnya,” ungkap Jungkook disetujui V aka Kim Taehyung yang ternyata juga memiliki kesan sama seperti JK.
“Aku bergabung dengan Big Hit karena Rap Monster sangat keren (ketika itu),” sebut Jungkook, seperti dikutip Soompi.

9. Menjadi leader meskipun bukan anggota tertua dalam timnya

Urutan member yang paling tua adalah Kim Seokjin, Min Yoongi, Jung Hoseok, Kim Namjoon, Park Jimin, Kim Taehyung, Jeon Jungkook. Jika diurutkan, Kim Namjoon ada tepat di tengah. Namun, bukan itu alas an ia menjadi Leader. Selain karna fasih dalam bahasa Inggris, Kim Namjoon juga merupakan member yang paling banyak punya pengalaman dalam dunia musik. Selain itu, ia juga dikenal sebagai member dan Trainee yang bijak. Banyak dari lirik lagu yang ia ciptakan terdapat filosofi kehidupan di dalamnya. Salah satu youtuber dan juga mantan trainee BigHit menceritakan bagaimana kebaikan member BTS, salah satunya mengenai Leader BTS, Kim Namjoon.

10. Memilih berkarir bersama bangtan meski bisa debut solo

Ada kejadian lucu yang pernah terjadi pada Kim Namjoon saat sedang mengobrol serius dengan PD-nim. Waktu itu semua sengaja bersandiwara untuk menjebak RM, Pdnim bertanya dan meminta RM untuk memilih, “Kamu bisa debut solo. Aku akan bertanya lagi, pilih debut solo atau tetap dengan BTS ?” tanpa ragu-ragu RM menjawab, “Aku akan tetap bersama BTS.” Jawabannya membuat haru member BTS lainnya yang sengaja bersembunyi dari RM di ruangan lain. Kontan, para member datang ke ruang PDnim dan memeluk RM karna lebih memilih berjuang bersama member BTS.