Untung Besar, Yuk Intip Peluang Bisnis Wrapping Stiker Bali

Wrapping merupakan kegiatan malapisi kendaraan menggunakan stiker untuk memperbaiki penampilan. Pemasangan stiker pada mobil masih menjadi tren di Indonesia. Kondisi ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi para pengusaha yang menggeluti bisnis wrapping. Apalagi jumlah penyedia jasa wrapping stiker Bali belum terlalu banyak. Bagi anda yang sedang berniat memulai bisnis, berikut ini peluang bisnis wrapping yang harus anda tahu.

Peluang Bisnis Modifikasi Mobil yang Bisa Anda Coba

Saat ini, wrapping stiker menjadi salah satu hal yang paling banyak diminati dalam dunia modifikasi mobil. Bahkan bisnis ini tidak menunjukkan adanya penurunan jumlah peminat maupun omset yang diperoleh. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya mobil di jalan yang didesain mengunakan stiker sehinga memiliki tampilan yang menarik. Para pemilik mobil lebih menyukai wrapping stiker untuk memperbaiki warna mobil.

Dibandingkan dengan melakukan cat ulang pada mobil untuk mengganti warna, menggunakan wrapping dirasa lebih murah. Pemakaian wrapping ini dengan menggunakan stiker untuk menutupi seluruh bodi mobil sehingga warna asli dari mobil tersebut tidak terlihat sama sekali. Bagi para pemiliki mobil, menggunakan wrapping stiker Bali tidak memakan waktu yang cukup lama dibandingkan jika harus melakukan cat ulang.

Bagi para pengusaha di bidang ini, teknik wrapping juga dinilai cukup mudah dan sederhana sehingga tidak terlalu merepotkan. Apalagi jika mereka memiliki banyak contoh model yang bisa ditawarkan pada customer. Dengan berbagai pilihan desain yang dimiliki, customer akan lebih mudah memilih dan tidak kesulitan untuk menentukan model seperti apa yang diinginkan. Selain itu, yang paling dibutuhkan dalam teknik wrapping adalah keterampilan dan ketelitian.

Berdasarkan data dari Gaikindo, menunjukkan bahwa peminat kendaraan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini berarti bahwa para pemilik kendaraan mobil semakin banyak jumlahnya di Indonesia. Peningkatan ini pun akan mendorong permintaan akan modifikasi mobil juga semakin banyak termasuk wrapping stiker Bali. Pemilik mobil yang jenuh terhadap warna kendaraannya, akan mengganti warna untuk menghadirkan nuansa baru.

Harga wrapping mobil di pasaran juga cukup mahal. Padahal harga stiker yang digunakan jika dibandingkan dengan harga jasa tersebut sangat selisih jauh. Dengan begitu, berarti anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Apalagi jika anda kebanjiran order setiap waktu. Dalam hal ini tentunya anda harus memberikan pelayanan yang baik pada customer. Pastikan bahan stiker yang digunakan memiliki kualitas yang bagus

Tips Menjalankan Usaha Bisnis Wrapping Agar Sukses

Dalam menjalankan setiap usaha tentunya ada beberapa hal yang harus disiapkan. Selain itu, teknik yang tepat bisa mendatangkan hasil yang menguntungkan. Sama halnya dengan bisnis wrapping stiker Bali ini. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah penggunaan bahan yang berkualitas dan teknik pemasangan yang tepat. Agar pemasangan stiker pada mobil menghasilkan tampilan yang rapi dan bagus, maka pemasang harus memiliki keahlian dan ketrampilan.

Komputer menjadi salah satu komponen utama yang digunakan untuk mendesain stiker. Dalam mendesai stiker ini, dibutuhkan aplikasi desain seperti Corel Draw, Adobe Photoshop dan Freehand. Untuk menjalankan software tersebut dibutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Pengetahuan dan keahlian dalam hal mendesain menjadi hal yang wajib agar bisa menghasilkan desain yang menarik.

Tidak hanya wawasan dan pengetahuan mengenai teknik memasang stiker mobil, pengetahuan mengenai bahan juga menjadi hal yang penting. Ada berbagai bahan dan merk stiker yang bisa digunakan untuk memperbaiki tampilan mobil. Namun dari beragam bahan tersebut, memiliki kualitas yang berbeda-beda sehingga harganya juga beragam. Beberapa brand stiker yang umumnya digunakan antara lain Kiwalite, Oracal, Aslan dan 3M.

Pemasaran menjadi faktor penting dalam dunia usaha. Dalam menjalankan bisnis wrapping stiker Bali ini anda juga perlu melakukan pemasaran, baik secara online maupun offline. Saat ini penggunaan sosial media sudah menjadi kebutuhan bagi masayarakat. Kondisi ini tentunya menjadi peluang tersendiri bagi pelaku bisnis untuk memasarkan produknya. Dengan menggunakan media sosial untuk melakukan promosi, usaha anda akan lebih mudah dikenal masayarakat.

Sedangkan untuk cara offline, anda harus melakukan promosi secara langsung kepada para pemiliki kendaraan. Promosi offline bisa dilakukan dengan menyebarkan brosur di tempat-tempat ramai seperti mall maupun tempat wisata. Apalagi jika anda memiliki kualitas wrapping stiker yang bagus, tentunya tanpa anda minta, customer anda akan merekomendasikan usaha anda kepada rekan-rekannya untuk memakai jasa anda.

Merk Stiker yang Digunakan Untuk Wrapping Mobil

Ada beberapa bahan stiker yang bisa digunakan untuk wrapping stiker Bali. Namun yang paling umum biasanya adalah ritrama, oracal, dan 3M. Bahan oracal memiliki kualitas yang bagus, khususnya Oracal 970. Kelebihan dari jenis bahan ini adalah perekatnya yang bertahan cukup lama. Bahkan daya tahan perekat dari stiker oracal bisa mencapai 3 tahun. Selain itu, untuk pelapisan luar bodi tidak akan merusak cat atau warna asli dari mobil.

Brand oracal sendiri memiliki banyak macamnya mulai dari Oracal 651 hingga Oracal 951. Daya perekat dari masing-masing jenis Oracal berbeda-beda hal ini disesuaikan dengan kebutuhan para peminat. Penggunaan bahan stiker Oracal sudah banyak di bidang industri otomotif. Bahkan merk ini disebut sebagi merk bahan stiker terbaik di dunia industri untuk saat ini.

Selain Oracal, ada merk 3 M yang menggunakan bahan stiker vinyl untuk wrapping stiker Bali. Di Indonesia sendiri penggunaan dari merk stiker ini tidak terlalu banyak. Hanya saja pada produk scotchlite yang banyak digunakan untuk kebutuhan kaca film jendela mobil dan kaca rumah. Produk scotchlite menggunakan bahan stiker vinyl reflektif yang bisa memantulkan cahaya. Hal ini sangat berguna bagi kendaraan ketika pada malam hari karena akan terlihat lebih terang.

Ada juga merk stiker ritrama yang banyak digunakan di Indonesia dan dikenal sebagai produk yang ramah lingkungan. Hal ini karena penggunaan bahan stiker merk ini sudah memenuhi standar internasional. Ada beberapa bahan stiker yang digunakan untuk merk ritrama, antara lain stiker vinyl monometric, stiker vinyl polimetric dan stiker vinyl cast. Penggunaan dari masing masing bahan juga berbeda-beda.

Stiker vinyl monometric dibutuhkan untuk permukaan yang datar saja karena tidak bersifat elastis. Sedangkan jika permukaan melengkung, bahan yang tepat untuk wrapping stiker Bali adalah stiker vinyl polimetric. Untuk kebutuhan branding mobil lebih tepat menggunakan bahan stiker vinyl cast. Beberapa produk merk ritrama yang banyak digunakan antara lain, stiker ritrama seri 4GL3A, stiker ritrama seri 4GL3B dan stiker ritrama RI-JET.

Menjalankan bisnis wrapping stiker memang membutuhkan beberapa keahlian khusus. Namun, jika usaha anda sudah berkembang pesat dan banyak customer, maka keuntungan yang diperoleh juga semakin banyak. Apalagi saat ini banyak pemilik mobil yang membutuhkan jasa wrapping untuk memperbaiki penampilan mobil mereka. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, tentunya usaha anda akan lebih banyak dikenal masyarakat.