Tips Wisata Karimunjawa Bagi Pemula

Wisata Karimujawa menjadi salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi saat liburan tiba. Sebagian besar dari kamu tentu sudah tidak asing dengan tempat wisata ini.

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari 27 pulau yang mana 5 pulau dihuni dan 22 pulaunya tak berpenghuni. Dikenal sebagai Paradise of Java, Karimunjawa menjadi salah destinasi yang menawarkan keindahan bawah laut yang begitu mempesona. Nah bagi yang suka berwisata pantai, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi destinasi ini saat liburan tiba. Namun sebelum itu, simak terlebih dahulu beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ketika akan melakukan wisata Karimunjawa.

Tentukan Waktu Yang Tepat

Tips pertama yang perlu diperhatikan khususnya bagi para pemula yaitu berkunjung di waktu yang tepat. Mengapa demikian? Pemilihan waktu berkunjung akan mempengaruhi jenis dan juga waktu tempuh transportasinya. Seperti yang diketahui, untuk bisa mencapai Karimunjawa para wisatawan harus menggunakan perahu untuk menyeberang ke Karimunjawa. Bagi kamu yang ingin berangkat dari Semarang, sebaiknya untuk berangkat pada hari Sabtu atau Kamis. Perlu diketahui pada hari Sabtu dan Kamis, terdapat satu kapal saja yang berangkat dari Semarang yaitu KMC Kartini. Namun jika kamu tidak bisa berangkat pada hari itu, kamu bisa berangkat melalui kabupaten Jepara.

Merencanakan Dengan Matang
Satu hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan berwisata yaitu jangan pernah berkunjung tanpa rencana yang matang. Sebaiknya sebelum memulai perjalanan, kamu wajib untuk membuat rencana dengan matang minimal seminggu sebelum keberangkatan. Karena tempat wisata ini sangat populer, tidak heran jika hotel atau homestay yang tersedia cepat sekali penuh. Oleh karena itu pastikan kamu gerak cepat mempersiapkan segala kebutuhan yang kamu butuhkan saat liburan ke sana.

Berbaur Dengan Warga Lokal
Setelah kamu berada di lokasi wisata, jangan lupa untuk berbaur dengan warga lokal Karimunjawa. Dengan banyak berinteraksi dengan penduduk lokal, akan ada banyak hal baru yang bisa kamu dapatkan dari perjalanan liburan kamu tersebut. Kamu tidak perlu takut, karena penduduk Karimunjawa sudah terkenal sangat ramah dan juga terbuka kepada para wisatawan. Sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang betah berkunjung ke sana.

Menikmati Kuliner Khas Karimunjawa
Satu lagi hal yang perlu kamu perhatikan saat berwisata ke Karimunjawa yaitu pastikan untuk menikmati kuliner khas Karimunjawa. Sudah bukan rahasia umum lagi, selain memiliki tempat wisata alam yang begitu indah dan mempesona. Karimunjawa juga terkenal dengan wisata kuliner yang enak dan lezat. Nah bagi kamu yang suka kuliner pastikan untuk mencoba berbagi seafood khas Karimunjawa yang sangat lezat.
Itulah beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan wisata Karimunjawa baik sendiri maupun bersama keluarga.

Jadi tunggu apalagi, ajak semua keluarga untuk berwisata di pulau Karimunjawa yang sangat mempesona. Semoga bermanfaat!