Tips pakaian baju anak

Bayi memang dasarnya lucu dan sangat menggemaskan bisa kita lihat mulai dari wajahnya yang imut, bola mata yang bundar hingga kulitnya yang bersih dan mulus. Siapa yang tidak senang melihat jual pashmina instan di bogor bayi lucu dan menggemaskan seperti itu? Orang tuanya merasa bangga jika banyak orang lain yang mengagumi bayinya alias “baby fans”.
Jika sudah seperti itu maka ada rasa tersendiri bagi orang tuanya berhasil mencari perhatian dari orang lain untuk si buah hati yang tercinta.
Di samping itu, untuk menambah imets dan penampilan yang lebih menarik dapat melengkapinya dengan pakain yang lucu. Efeknya disamping itu adalah memberi kenyamanan tersendiri bagi si bayi agar terlindung dari suasana yang asing untuknya. Selain itu penampilan juga mendukung kesenjangan untuk lebih menarik perhatian.
Guna untuk menjaga kesehatan kulit bayi yang begitu halus dan mulus kita tidak boleh sembarangan memilih pakaian untuknya. Wah, jika salah memilih bisa jadi bahaya salah satunya kulit bayi alergi dengan bahan utama dari pakaian. Itu disebabkan oleh zat-zat yang berbahaya contohnya zat adiftif yang dapat mempengaruhi pernafasan jika ada zat adiftif yang terhirup.
Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua wajib mengenali dan memperhatikan banyak hal sebelum memilih pakaian bayi. Marilah kita simak beberapa cara memilih pakaian bayi yang baik digunakan, diantaranya adalah:
Bahan Pakaian
Bahan pakaian untuk bayi adalah sangat penting baginya. Sebaiknya hindari memilih pakaian yang terbuat dari bahan jeans, polyester, parasut atau pure nilon. Bahan tersebut tidak dapat menyerap keringat dengan baik sehingga membuat bayi gerah dan berkeringat selain itu dapat menyebakan kulit alergi seperti timbul bercak kemerah-merahan dan gatal-gatal. Hindari pula bahan yang keras dan kasar karena dapat menggangu pori-pori pada kulit bayi. Untuk itu pilihlah pakaian yang berbahan halus, lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu juga kondisikan pakaian dengan keadaan cuaca contohnya jika udaranya agak panas gunakan bahan pakaian yang tipis agar udara sejuk dapat diperoleh, begitu juga sebaliknya jika cuaca agak dingin dapat menggunakan pakaian yang lebih tebal untuk melindungi tubuh si bayi dari dinginnya udara.
Selain yang dijelaskan diatas, perhatikan juga dalam memilih pakaian pada si buah hati yang lainnya. Misalnya saja jangan mengenakan pakain bayi yang terlalu banyak aksesori yang bertali atau berpita karena berisiko bayi terjerat atau tercekik dan terlilit oleh aksesoris yang dimilikinya. Dalam segi keyamanan pakaian hendaklah memilih pakaian yang terbuat dari bahan katun karena menyerap keringat, tidak panas dan lentur saat digunakan.
Jumlah Pakaian
Persediaan pakain juga sangat dibutuhkan pada si buah hati. Persediaan janganlah terlalu banyak atau terlalu sedikit. Persiapkan persediaan pakaian yang secukupnya. Jika terlalu sedikit maka akan terlihat tidak punya pakaian ganti karena motifnya hanya itu saja alias monoton. Jumlah pakaian difungsikan karena bayi dalam proses pertumbuhannya cepat, jika kita terlalu banyak persediaan pakaian maka akan banyak juga yang tidak terpakai karena sudah sempit dan sebagainya.
Ukuran
Berbagai macam ukuran pakaian pada umumnya sudah kita ketahui. Bayi pada umumnya akan bertumbuh lebih cepat. Sejauh ini rata-rata pakaian bayi bertuliskan “new born” untuk 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan dan seterusnya. Ada juga yang bertuliskan 1-3 bulan, 3-6 bulan atau ada juga yang memperhitungkan pakaian bayi dengan berat badan mulai 2-5 kg, 5-10 kg dan seterusnya. Pada awalnya, kami menyarankan untuk memilih pakaian bayi dengan ukuran “new born”, karena pertumbuhan bayi cepat.
Saran kami adalah pilihlah ukuran yang pas dalam arti tidak terlalu sempit dan tidak terlalu besar. Jika terlalu sempit pertumbuhan sang bayi dapat terganggu sedangkan terlalu besar akan menyulitkan saat ia bergerak karena terserimpet oleh pakaiannya yang terlalu besar.
Warna
Pemilihan pakaian juga dilandaskan dengan warna. Menurut orang tua dulu gunakan warna pakaian yang cerah yang bisa membuat tertarik orang lain. Disamping itu dalam pemilihan warna juga harus berhati-hati karena pada saat dicuci apakah warna pakaian luntur atau tidak. Jika dicuci warna pakaian luntur, maka pakaian itu mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan kulit sang bayi. Untuk itu pilihlah warna pakaian yang tidak luntur tetapi dapat menarik perhatian orang lain.
Model Simpel
Model simpel tidak terlalu banyak pernak-pernik yang besar, sehingga malah menyulitkan bayi bergerak. Juga sulit untuk mengganti pakaian bayi. Jadi pilihlah yang praktis dipakai, nyaman, namun juga lucu.