Tips Mudah untuk Menyegerakan Waktu Sholat

Menyegerakan waktu sholat setelah terdengar suara adzan merupakan perintah agama yang sebaiknya kita laksanakan dengan ikhlas dan konsisten. Selain besarnya pahala dan kebaikan melaksanakan sholat tepat waktu, kebiasaan ini juga akan membuat hidup menjadi terasa lebih bermakna.

Bersegera mengambil air wudhu begitu mendengar adzan berkumandang akan mendorong kita untuk tepat melaksanakan sholat tepat waktu. Hal ini ternyata juga dapat memberikan banyak manfaat, keutamaan, dan pahala yang berlimpah untuk yang menjalankannya.

bacaan doa setelah sholat

Tips Sholat Tepat Waktu

Berikut ini beberapa tips mudah untuk menyegerakan waktu sholat yang sebaiknya Anda tahu.

  1. Sebagaimana orang lapar yg ingin segera membutuhkan makanan, jadikan juga shalat menjadi kebutuhan yang mendesak. Sebaliknya jauhi anggapan shalat sebagai beban atau sekedar menjalankan kewajiban semata dan baca doa setelah sholat.
  2. Bagi para ibu rumah tangga yang memiliki anak yang masih bayi atau kecil tentunya akan kerepotan dalam mengurus anak. Apalagi bila tidak ada asisten atau orang lain yg dapat dimintai bantuan saat hendak melaksanakan sholat. Meskipun begitu kondisi ini jangan sampai membuat alasan dalam menunda shalat. Salah satu tipsnya membawa mainan kecil sehingga bisa untuk bermain anak saat kita mengambil wudhu dan melaksanakan shalat.
  3. Untuk mengkondisikan kekhusukan saat sholat, sebaiknya biasakan kita mengaji terlebih dahulu setidaknya 20 menit sebelum shalat. Hal ini akan membuat kita tidak merasa malas dan bersemangat untuk langsung melaksanakan shalat saat datang waktu adzan.
  4. Untuk Anda yang bekerja di kantor sebaiknya usahakan dan buat rencana agar semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu sehingga saat terdengar suara adzan kita pun bisa bersegera untuk menjalankannya.
  5. Menetapkan dalam hati untuk menjadikan shalat tepat waktu sebagai bagian penting kepibadian kita sekaligus sebagai benteng iman akan selalu bertambah. Jangan lupa untuk selalu berdoa agar Allah selalu memudahkan kita dalam menunaikan dengan tata cara sholat yang benar danĀ  tepat pada waktunya.
  6. Kita hendaknya selalu berdzikir dan ingat bahwa tujuan Allah menciptakan dan menghidupkan insan di bumi adalah untuk menjadi khalifah yang tunduk dan mengikuti perintah Allah.
  7. Hindarilah makan dan minum secara berlebihan sampai kekenyangan yang malah akan mengkondisikan sikap yang malas untuk beraktivitas, utamanya dalam menjalankan sholat tepat pada waktunya.

Demikianlah tips mudah untuk menyegerakan waktu sholat yang seoga bermanfaat.