Tips Mudah Dalam Budidaya Ikan Hias

Bisnis ikan hias memang sangat menggiurkan. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan dengan sedikit keterampilan membudidayakannya, anda bisa mendapatkan atau mengambil potensi keuntungan dari bisnis ini. Adapun cara usaha budidaya ikan hias juga tidak membutuhkan keahlian khusus dan tidak membutuhkan lahan yang luas bahkan tidak harus dimulai dengan modal yang besar.

Cara Budidaya Ikan Hias yang Berhasil

Untuk mendapatkan hasil yang baik, kita dapat melakukannya dengan menjaga dan meningkatkan kualitas serta kuantitas yang tidak lepas dari cara budidaya ikan hias yang dilakukan.

cara budidaya ikan hias

Oleh karena itu kita perlu memperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pembudidayaannya seperti:

1. Wadah Pemeliharaan Ikan Hias

Untuk wadah pemeliharaan, umumnya menggunakan akuarium, kolam bak dai terpal, bak fiber glass, kolam bak dari semen atau wadah lain yang tidak bocor dan dengan ukuran yang beragam. Wadah pemeliharaan ikan ada yang menggunakan sistem air mengalir dan ada pula yang tidak atau hanya tergenang.

Wadah pemeliharaan bisa juga digunakan dengan fungsi yang berbeda, seperti wadah untuk perawatan induk ikan, tempat penetasan telur, tempat pendederaan, tempat pemijahan, tempat penampungan hasil serta untuk tempat pembesaran. Cara budidaya ikan cupang maupun jenis ikan hias yang baik sangat memperhatikan masalah wadah pemeliharannya, karena ikan akan tumbuh dengan baik jika wadah yang digunakan sesuai atau cocok untuk ikan hias tersebut.

2. Penyesuaian Wadah untuk Ikan Hias

Ikan hias yang berbeda jenis memiliki lingkungan hidup yang berbeda pula. Faktor-faktor yang sangat mempengaruhi lingkungan hidup ikan hias adalah kondisi air, derjat keasaman (PH), kandungan oksigen, suhu dan juga kecerahan. Sediakan air dengan kandungan mineral atau zat-zat kimia yang tidak melebihi ambang batasnya. Adapaun untuk suhu air sebaiknya berkisar antara 24-30 C. pH atau derajat keasaman kurang lebih 6-7, kandungan oksigen terlarutnya > 3 ppm dan kecerahan air berkisar 30-60 cm.

3. Pakan Ikan Hias

Pakan untuk ikan hias biasanya adalah pakan alami dan pakan buatan. Jenis pakan alami yang biasa diberikan yaitu jentik nyamuk, cacing sutera, serangga, kodok, infusoria, kutu air dan ikan kecil. Untuk pakan buatan pada biasanya berbentuk pellet yang kadar proteinnya disesuaikan dengan kebutuhan pertumbuhan ikan.

Inilah beberapa tips cara budidaya ikan hias untuk tahap awal. Masih banyak faktor-faktor lainnya yang harus diperhatikan dan hal itu bisa didapatkan tentunya dengan mempelajari secara baik-baik mengenai budidaya ikan hias.