Tips Membuat Pakan Ikan Agar Lekas Gemuk

Bagaimana sih tips membuat pakan ikan agar cepat gemuk? Harga pakan yang melambung tinggi, membuat para peternak ikan memutar otak untuk menciptakan pakan buatan sebagai alternatif tambahan dengan komposisi protein serta nutrisi yang tak kalah tinggi dengan pakan-pakan dipasaran.

Nah, langkah membuat pakan ternak ikan agar gemuk yang pertama adalah menyusun bahan baku yang hendak digunakan.
Nah salah satu cara membuat pakan ternak ikan agar gemuk adalah menggunakan metode person square.

Metode ini akan membantu Anda untuk menimbang komposisi bahan dengan harapan kandungan protein yang dikehendaki. Lalu bagaimanakah prosedur membuat pakan ternak ikan agar gemuk yang baik dan benar? Nah berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

pakan ikan

Trik Jitu Membuat Pakan Ternak Ikan Agar Gemuk

Yuk langsung saja simak trik jitu membuat pakan ternak ikan agar gemuk di bawah ini.

1. Menyusun formulasi bahan

Untuk mendapatkan protein yang sesuai imbangilah dengan pemilihan formulasi bahan yang sesuai dan berkualitas pula.

2. Penggilingan

Setelah memilih formulasi bahan, langkah membuat pakan ternak ikan agar gemuk selanjutnya adalah menghaluskan seluruh bahan dalam mesin penggilingan untuk mendapatkan partikel halusnya.

3. Pengayakan

Supaya bahan benar-benar halus, maka ayaklah kembali bahan tersebut hingga benar-benar halus. Hal ini bertujuan untuk membuat pakan ikan tidak mudah hancur dan lebih padat.

4. Penimbangan

Setelah komposisi bahan yang dihaluskan tersebut dihitung maka timbanglah setiap komponen sesuai dengan takaran.

5. Pencampuran

Campurkan komponen yang telah ditimbang menggunakan mixser dengan tambahan tepung tapioca sebagai perekatnya yang sebelumnya telah dimasak menjadi lem terlebih dahulu.

6. Pencetakan

Setelah adonan pakan tercampur secara merata, masukkan kedalam mesin pencetak untuk dicetak sesuai dengan ukuran supaya mudah dikonsumsi oleh ikan.

7. Penjemuran

Masukkan kedalam mesin pengering selama 20 menit lalu keringkan kembali dibawah terik matahari hingga menar-benar mengering.

8. Penyimpanan

Nah pallet yang sudah kering bisa disimpan didalam toples atau wadah tertentu di ruangan yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat pakan ternak ikan agar gemuk yang dapat Anda coba dirumah guna menghemat anggaran biaya pakan dan semoga bermanfaat.