Tips Budidaya Ikan Air Tawar yang Berhasil

Wawasan dan pengetahuan tentang langkah budidaya ikan air tawar yang baik dan benar pada dasarnya dapat ikut memacu dan mendorong hasil panen ikan air tawar yang sempurna dan berkualitas sesuai dengan harapan. Pasalnya pada tahapan ini akan memberikan gambaran kepada Anda saat menangani beragam kendala yang menghadang ketika melaksanakan pembudidayaan ikan air tawar.

Menurut survey di lapangan menyatakan bahwasannya bibit lele atau ikan air tawar lainnya memang memiliki banyak peminat dipasaran. Nah hal tersebut membuat banyak calon pengusaha muda tertarik dengan benefit yang dijanjikan pada bisnis ini.

Oleh karenanya sebelum memulai usaha ini alangkah lebih baiknya ketahui terlebih dahulu tips budidaya ikan air tawar yang baik dan benar supaya hasil panen yang diciptakan sesuai dengan harapan.

Budidaya Ikan Air Tawar

Lantas bagaimanakah tahapan budidaya ikan air tawar? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Cara Budidaya Ikan Air Tawar

Yuk langsung saja simak cara budidaya ikan air tawar yang baik di bawah ini.

1. Perairan

Pastikan bahwa air yang digunakan sebagai sarana utama pembudidayaan ikan air tawar terpenuhi oksigen dengan cukup. Ukur pula kadar Ph pada air supaya selalu dalam keadaan normal yaitu berkisar antara 5-9.

2. Tanah

Selain menggunakan kolam terpal, Anda juga bisa menggunakan kolam tanah sebagai lahan pembudidayaannya. Namun upayakan bahwa lahan yang Anda pilih tidak termasuk kedalam lahan yang aktif. Nah untuk mempercepat proses pertumbuhan pilihlah lahan yang mengandung tanah liat.

3. Pengeringan Kolam

Setiap satu atau dua tahun sekali, kolam harus dikeringan supaya dasarnya tersinari terik matahari guna mengembalikan kesuburan tanah. Hal ini juga mampu membantu Anda untuk mengurangi hama serta parasit yang meningkatkan resiko kematian pada ikan.

4. Pemupukan

Untuk membantu hasil panen yang subur, perlu Anda lakukan pemupukan kembali pada dasar kolam yang digunakan. Selain membantu kualitas panen supaya melimpah tentunya juga menghemat anggaran pakan yang dianggarkan untuk ikan tawar yang Anda budidayakan.

Nah itulah tadi pembahasan terkait tips budidaya ikan air tawar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini yang semoga bermanfaat dan terima kasih.