Sopir Bus profesi dengan segudang resiko

ibistrans.com sewa bus pariwisata jakarta foto sopir bus besar

Jika Anda berniat menjadi sopir bus, terdapat beberapa hal yang harus anda kuasai. Resiko tinggi karena membawa sejumlah penumpang menjadikan pekerjaan ini sebagai salah satu pekerjaan paling berbahaya. Penjelasan lengkapnya akan dibahas pada artikel ini.

ibistrans.com sewa bus pariwisata jakarta foto sopir bus besar

Menjadi sopir bus yang bertugas mengemudikan kendaraan besar memang memerlukan keterampilan khusus. Terdapat beberapa syarat yang harus Anda kuasai. Untuk proses melamar pekerjaan sebagai sopir bus, pada umumnya sama seperti melamar pekerjaan lain. Yaitu mengirimkan surat lamaran, lalu mengikuti tahap test dan interview. Namun dikarenakan harus menjamin keselamatan orang lain terdapat beberapa syarat khusus yang harus anda penuhi untuk menjamin keselamatan orang lain.

Persyaratan dan Langkah Menjadi sopir bus.

Sebelum mengirimkan surat lamaran dan mengikuti tes, tentunya Anda wajib memiliki SIM B1 umum atau SIM B2 umum untuk menjadi sopir bus. Selain itu anda harus memiliki pengalaman mengemudi kendaraan kecil seperti mobil (SIM A), lalu pengalaman mengemudi kendaraan berukuran sedang atau SIM B1. minimal dalam waktu satu tahun, sopir sudah bisa meningkatkan SIM B1 ke SIM B1 umum, dan seterusnya sampai mendapatkan SIM B2.

Baik untuk menjadi sopir bus pariwisata maupun bus AKAP beberapa persyaratan dibawah ini harus menjadi pertimbangan sebelum anda memutuskan memilih profesi sopir bus.

1.       Proses Rekrutmen

Perusahaan Otobus memberlakukan proses rekrutmen yang cukup ketat. Mulai dari test interview, psikotes, tes kemampuan mengemudi, dan tes pengetahuan yang meliputi : pengetahuan jalan di dalam maupun luar kota, pengetahuan bus dan mesinnya, dan pengetahuan umum seputar pekerjaan sebagai sopir. Proses rekrutmen tentunya disesuaikan dengan aturan masing-masing perusahaan yang berlaku.

2.       Proses Training

Setelah lulus proses rekrutmen dan dinyatakan diterima sebagai sopir bus, Anda akan masuk ke tahap training atau uji coba. Anda akan dijadikan tandem sopir bus senior, menjalani beberapa rute sesuai jurusan bus. Dalam masa percobaan, biasanya sopir bus baru lebih banyak mengemudikan bus kecil seperti bus karyawan, bus sekolah, atau bus antar jemput lainnya. Jika sudah lebih mahir dan berpengalaman, Anda bisa mencoba mengendarai bus pariwisata atau bus malam.

Banyak hal yang harus Anda perhatikan untuk seorang sopir bus. Selain keahlian mengemudikan kendaraan besar dan pengetahuan jalan, Anda  dituntut untuk selalu siap dan cepat mengatasi masalah yang terjadi seperti mesin bus yang rusak di tengah perjalanan. Sekian artikel mengenai cara menjadi sopir bus ini, semoga bermanfaat.