Resep Memasak Sate Telur Puyuh Pedas Bagi Anda Rindu Angkringan

resep memasak sate telur puyuh pedas

Resep memasak sate telur puyuh pedas – Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi berbagai resep sate telur puyuh. Anda pasti sudah sangat familiar dengan jajanan khas angkringan yang satu ini. Sate telur puyuh banyak ditemukan di warung soto sebagai pelengkap makanan utama.

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, Anda pasti akan menemukan angkringan dengan nasi kucing dan makanan pendamping lainnya seperti sate telur puyuh, sate bekicot, sate usus, dll.

Dari atas, telur puyuh kemangi mirip dengan sambal puyuh goreng. Secara tampilan, penganan ini juga mirip dengan sambal kacang dan sate telur puyuh. Tetapi mereka yang memiliki karakteristik berbeda akan mengerti bahwa ketiga jenis makanan ini berbeda satu sama lain.

Salah satu olahan masakan telur puyuh yang disukai banyak orang adalah sate telur puyuh khas Yogyakarta. Anda tidak perlu pergi ke angkringan, karena resep berikut ini bisa digunakan untuk membuat sate telur puyuh sendiri.

Baca Juga : Cara Membuat Kopra Putih yang Efektif dan Efisien

Resep Memasak Sate Telur Puyuh Pedas

Sajikan dan nikmati sate telur puyuh dengan berbagai bumbu dan kaya akan rempah. Jika Anda tidak suka atau tidak ingin makan telur puyuh, Anda bisa menggunakan telur ayam biasa.

Resep dan memasak sate telur puyuh pedas cukup mudah. Rasa manis dan pedasnya akan menggugah selera Anda. Membuat Anda ingin mencoba lagi dan lagi. Jika bosan dengan menu sate telur puyuh bacem, Anda bisa mencoba varian rasa sate telur puyuh pedas. Langsung saja simak resep dan cara memasaknya

Bahan:

  • 25 buah telur puyuh, rebus, kupas
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh gula merah
  • 1/8 sendok teh merica bubuk
  • 300 ml air
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar

Cara Memasak:

  1. Rebus telur sekitar 5 menit lalu kupas
  2. Haluskan cabai,bawang merah bawang putih ketumbar.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukkan kecap. Aduk semua bahan sampai merata.
  4. Tambahkan telur puyuh yang telah disiapkan, aduk – aduk sampai semua permukaan telur puyuh berbalut bumbu.
  5. Panaskan minyak goreng bumbu beserta daun salam sampai harum masukkan telur tambah air,gula,garam,kecap manis ungkep sampai meresap.
  6. Bubuhi dengan garam, gula merah yang telah diiris dan merica bubuk secara bersamaan, kemudian aduk sampai merata
  7. Tuangkan air secara bertahap sambil diaduk sampai semua bumbu meresap dan aromanya wangi.
  8. Setelah matang rendam telur semalaman biar tambah meresap. Lalu siap ditusuk
  9. Susun telur yang telah matang kemudian tusuk dengan tusuk sate secara berurutan dengan posisi yang sama
  10. Tusuk sate telur puyuh anda satu per satu dan taruh di piring agar bisa menyantapnya bersama keluarga dan sajikan selagi hangat. Jangan lupa tambahkan sejumput bawang goreng di atasnya untuk menambah cita rasa pada sajian ini

Bagaiamana? Mudah bukan memasak resep sate telur puyuh pedas? Menu sate ini bisa dinikmati selagi hangat bersama keluarga anda di rumah. Semoga resep ini dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana.

Nilai gizi telur puyuh

1. Kaya akan protein

Seperti telur, telur puyuh mengandung makanan yang tinggi protein. Satu porsi sate telur puyuh (terdiri dari 5 butir telur) mengandung 6 gram protein, dan hasilnya setara dengan satu butir telur ayam.

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi protein yang dapat digunakan untuk energi, menjaga kekuatan fisik, menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta membangun dan memperkuat massa otot.

2. Kaya akan vitamin A dan kolin.

Telur puyuh mini juga kaya akan vitamin A dan kolin. Setiap porsi sate telur puyuh mengandung 119 mg kolin dan 244 IU vitamin A. Artinya, satu porsi sate telur puyuh (setara dengan 5 butir telur) dapat memenuhi 22-28% kebutuhan kolin harian Anda dan 8 hingga 10% kebutuhan kolin harian Anda. norma. kebutuhan harian Anda. kebutuhan. asupan vitamin A

Keduanya bekerja sama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja, mencegah risiko penyakit dan infeksi, terutama penyakit jantung. Vitamin A dan kolin dalam satata telur puyuh juga dapat mendukung fungsi sistem saraf dan penglihatan.

3. Kaya akan selenium dan zat besi.

Selenium (26%) dan zat besi (9%) terkandung dalam satu telur puyuh lebih banyak dari pada telur ayam. Selenium mendukung fungsi kognitif di otak, meningkatkan metabolisme hormon tiroid, dan memperbaiki kerusakan DNA. Pada saat yang sama, zat besi dapat menghasilkan sel darah merah yang sehat, mencegah anemia.

Zat besi juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kombinasi zat besi dan selenium digunakan oleh tubuh untuk memetabolisme otot dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Bagaimana? Mudah, kan? Silahkan dicoba sendiri di rumah, ya. Nantikan beragam artikel menarik lainnya tentang masalah lain.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya 5 Resep Boba dan Cara Memasaknya, Dijamin Harimu Berwarna