Profil, Biodata & Fakta Member TWICE, Legenda Baru dari JYP

Profil, Biodata & Fakta Member TWICE, Legenda Baru dari JYP

Profil, Biodata & Fakta Member TWICE – Program Sixteen yang diadakan oleh JYP Entertainment pada tahun 2015 menelurkan sebuah grup perempuan yang menjadi legenda baru Korea Selatan. Dinamai Twice, grup dengan sembilan anggota dari Korea Selatan, Jepang, dan Taiwan ini menggoreskan nama mereka dalam berbagai rekor di industri musik negeri ginseng. Saat ini, TWICE masih menjadi salah satu grup perempuan dengan popularitas tinggi.

1. Jihyo

Jihyo lahir dengan nama asli Park Ji-soo, namun dia mengubahnya secara hukum menjadi Park Ji-hyo. Dara kelahiran 1 Februari 1997 ini berasal dari Guri, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Ia merupakan anak sulung dengan dua adik perempuan dan sudah menjadi trainee di JYP sejak kelas tiga SD.

Masa trainee-nya menjadi salah satu yang terlama, yaitu sepuluh tahun. Jihyo kemudian terpilih sebagai leader oleh anggota grupnya. Pemegang posisi vokalis utama ini diwakili oleh warna aprikot. Semasa trainee, Jihyo muncul di video klip seniornya, miss A, yang berjudul Only You. Pada 5 Agustus 2019, dikonfirmasi bahwa dia tengah berpacaran dengan artis solo Kang Daniel.

2. Nayeon

Sebagai center sekaligus lead dancer dan lead vocalist, Im Na-yeon menjadi pusat dari mayoritas penampilan TWICE. Anggota tertua dalam grup ini lahir sebagai anak pertama dari dua bersaudara pada 22 September 1995. Ketika masih berusia lima tahun, Nayeon sempat ditawari untuk audisi di JYP setelah mengikuti kontes model, namun ditolak oleh sang ibu.

Sepuluh tahun kemudian, diam-diam Nayeon mengikuti audisi JYP dan lolos.
Selama menjadi trainee, Nayeon sudah muncul dalam berbagai video klip artis JYP seperti San E, Got7, dan miss A. Nayeon direpresentasikan oleh warna biru langit.

3. Jeongyeon

Pemilik nama asli Yoo Kyung-wan ini mengubah namanya menjadi Yoo Jeong-yeon ketika masih SD karena namanya terdengar seperti nama laki-laki. Jeongyeon lahir sebagai adik dari aktris Gong Seungyeon pada 1 November 1996 di Suwon, Korea Selatan.

Jeongyeon yang direpresentasikan oleh warna kuning-kehijauan ini pernah gagal dalam audisi JYP. Ia baru diterima pada tahun 2010. Di hari yang sama, Jeongyeon juga diterima oleh SM, namun akhirnya ia lebih memilih JYP. Ketika pemilihan leader TWICE, Jeongyeon menempati peringkat 2.

4. Momo

Hirai Momo adalah anggota asal Kyoto, Jepang yang lahir di Kyōtanabe pada 9 November 1996 sebagai anak bungsu dari dua bersaudara perempuan. Momo direkrut setelah video tarinya bersama sang kakak ditonton oleh JYP Entertainment.

PAda akhirnya, hanya Momo yang lolos audisi. Sebenarnya Momo sudah dieliminasi pada episode 6 Sixteen, namun dia tetap dimasukkan oleh Park Jinyoung karena kemampuan tarinya. Momo direpresentasikan oleh warna merah muda. ia menempati posisi sebagai penari utama, vokalis, dan rapper.

5. Sana

Minatozaki Sana yang lahir pada 29 Desember 1996 di Osaka, Jepang, adalah vokalis TWICE dengan warna representatif ungu. Ia adalah anak tunggal yang memiliki sifat ceroboh namun tetap optimis. Ketika sedang berbelanja bersama teman-temannya, Sana ditawari untuk audisi dan lolos di tahun 2012. Ia terampil kaligrafi karena sudah belajar sejak masih kecil.

6. Mina

Myoui Mina adalah penari utama dan vokalis TWICE yang lahir di San Antonio, Texas, Amerika Serikat pada 24 Maret 1997. Ia belajar balet sejak usia 11 tahun dan tertarik dengan K-Pop ketika membuat menarikan ulang lagu Girls’ Generation bersama temannya. Ketika sedang berbelanja dengan ibunya, Mina ditawari untuk ikut audisi JYP di Jepang. Mina menjadi trainee dengan masa latihan terpendek, terhitung sejak 2 Januari 2014. Anggota yang paling pendiam ini direpresentasikan oleh warna mint.

7. Dahyun

Kim Da-hyun lahir di Seongnam, Gyeonggi-do, Korea Selatan, pada 28 Mei 1998. Anak bungsu dengan seorang kakak laki-laki ini direkrut JYP ketika menari solo dalam sebuah festival tari saat masih SMP. Dahyun lolos audisi di SM, JYP, dan YG, tetapi akhirnya memilih JYP. Pemilik julukan “Tofu” ini diwakili oleh warna putih dan menjadi kontestan Sixteen yang paling populer. Dahyun adalah pemeluk agama Kristen.
8. Chaeyoung

Son Chae-young ialah rapper utama TWICE. Chaeyoung lahir sebagai anak pertama dari dua bersaudara pada 23 April 1999 di Seoul. Adik laki-lakinya diketahui tengah meniti karir sebagai model. Anggota yang diwakili oleh warna merah ini bertanggung jawab dalam tugas mencuci piring bersama Dahyun. Dia muncul dalam video klip seniornya, Got7 dan miss A.

9. Tzuyu

Satu-satunya anggota TWICE yang berasal dari Taiwan adalah anggota termuda bernama Chou Tzuyu. Tzuyu lahir di Tainan, Taiwan pada 14 Juni 1999 dan memiliki seorang kakak laki-laki. Ia direkrut JYP ketika berada di MUSE Performing Arts Workshop di Tainan dan menjadi trainee pada tahun 2012. Penyuka tokoh Yoda dari Star Wars ini menempati posisi lead dancer, vokalis, dan visual dalam TWICE. Ia direpresentasikan oleh warna biru.

TWICE tidak hanya populer karena anggotanya, tetapi juga lagu-lagunya yang catchy dan penampilan yang enerjik. Sejak debut pada 20 Oktober 2015, TWICE terus menjajaki tangga popularitas dan mendapatkan berbagai penghargaan. Mereka dianugerahi penghargaan pada Korean Popular Culture Arts Awards yang diadakan oleh pemerintah Korea Selatan sebagai penghormatan karena berkontribusi dalam budaya pop kontemporer dan seni.