Profil, Biodata & Fakta Gugudan, Idol Pertama Jellyfish Entertainment

Profil, Biodata & Fakta Gugudan, Idol Pertama Jellyfish Entertainment

Setelah dua trainee memenangkan program Produce 101 dan dipastikan debut dengan I.O.I, Jellyfish Entertainment mengumumkan akan meluncurkan grup perempuan pertama mereka. Gugudan atau “gx9” dibentuk pada tahun 2016 dengan sembilan anggota. Satu orang keluar pada tahun 2018 dan menjadikan mereka grup yang aktif dengan delapan orang anggota hingga saat ini.

1. Hana

Nama asli Hana adalah Shin Bo-ra. Ia lahir pada 30 April 1993 dan merupakan anak sulung dengan dua adik laki-laki. Ia adalah penganut Buddha. Posisinya di Gugudan adalah sebagai leader, lead dancer, visual, juga rapper dan vokalis. Ia adalah alumni dari Beombak High School dan Seokyung University.

Pada tahun 2014 ia menjadi cameo dalam drama tvN berjudul High School King of Savvy. Ia juga tampil dalam video klip Eternity dari VIXX dan Everlasting Love dari Seo In Guk. Sebuah lagu tema drama My First Love berjudul Fluttering Forecast dinyanyikan olehnya.

2. Mimi

Jung Mi-mi merupakan visual dan vokalis Gugudan yang lahir pada 1 Januari 1993. Anggota tertua Gugudan ini pernah menjadi trainee di FNC Entertainment. Ia menjadi anggota dengan pengalaman dan aktivitas akting yang paling banyak. Selain berakting di drama seperti Producers, ia juga menjadi model dalam video klip FTISLAND, Madly.

3. Haebin

Han Hae-bin adalah vokalis utama Gugudan. Lahir di Busan pada 16 Agustus 1995, Haebin mengenyam pendidikan di Daemyung Girls’ High School. Ia juga menganut Buddha. Ia sudah menjadi trainee sejak tahun 2009. Haebin sudah banyak menyanyikan lagu tema drama. Ia ingin dikenal sebagai “Ratu Soundtrack” di masa depan. Haebin juga bermain dalam drama musikal Monte Cristo pada tahun 2016.

4. Nayoung

Kim Na-young yang lahir pada 23 November 1995 adalah lead vocalist, rapper, dan visual Gugudan. Ia merupakan mahasiswi di Baekseok Arts University. Nayoung sempat menjalani masa trainee di Born Star Training Academy dan Dream Vocal. Ia terampil dalam bernyanyi genre jazz dan mendapatkan peringkat 14 di Produce 101. Nayoung muncul dalam beberapa video klip VIXX dan menjadi cameo dalam drama Sweet Stranger dan Me. Ia adalah bagian dari Sunny Girls bersama Eunha GFriend, Cheng Xiao WJSN, Yooa Oh My Girl, dan Nancy Momoland.

5. Sejeong

Setelah menempati peringat dua dalam Produce 101, Kim Se-jeong kemudian menjadi vokalis utama dan wajah dari Gugudan. Perempuan kelahiran 28 Agustus 1996 ini menjalani masa trainee selama satu tahun sebelas bulan dan pernah berpartisipasi dalam Kpop Star Musim 2. Ia sudah debut sebagai penyanyi solo pada 23 November 2016 dengan lagu Flower Road. Ia juga menjadi pemeran utama dalam drama School 2017.

6. Sally

Sally adalah satu-satunya anggota Gugudan yang berasal dari Guangdong, Tiongkok. Ia lahir pada 23 Oktober 1996 dan belajar di Beijing Contemporary Arts Academy. Posisinya di Gugudan adalah penari utama sekaligus lead rapper dan vokalis. Di negara asalnya, Sally berprofesi sebagai model iklan. Pemilik nama asli Liu Xie Ning ini akrab dengan sesame artis K-Pop asal Tiongkok yaitu Elkie CLC dan Kyulkyung.

7. Soyee

Soyee lahir pada 21 November 1996 dengan nama Jang So-jin di Gwangju, Korea Selatan. Ia dan Nayoung sama-sama kuliah di Baekseok Arts University. CUBE pernah menjadi tempatnya berlatih menjadi idola K-Pop. Di sana ia hampir menjadi bagian dari grup A PINK. Sebagai vokalis utama, Soyee pernah berduet dengan Youngjoon dari Brown Eyed Soul. Pada tahun 2017 ia terpaksa hiatus karena cedera bahu dan baru bisa kembali mengikuti aktivitas ketika mempromosikan lagu The Boots.

8. Mina

Kang Mi-na yang mendapatkan peringkat ke-9 pada Produce 101 adalah perempuan kelahiran 4 Desember 1999 di Pulau Jeju, Korea Selatan. Selain menjadi rapper utama, lulusan Seoul School of Performing Arts ini aktif di luar Gugudan sebagai pemain drama dan pembawa acara MBC Music Core. Ia pernah beradu akting dengan Sehun EXO dalam web drama berjudul Dokgo Rewind pada tahun 2018. Tahun 2019, Mina berkesempatan bermain dalam drama Hotel Del Luna bersama IU.

Gugudan mengajak penikmat musik mereka seolah menjelajahi teater dengan konsep-konsep yang mereka bawakan. Hal ini bisa dilihat seperti pada lagu Chococo dari album Act. 3 Chococo Factory terinspirasi dari film Charlie and The Chocolate Factory.

Terima kasih telah membaca Profil, Biodata & Fakta Gugudan.