Perhatikan Hal Ini untuk Budidaya Udang Vaname

Budidaya udang vaname merupakan hal yang biasa dilakukan oleh peternak ikan. Budidaya udang vaname sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri dengan membuat tambah udang dengan kolam buatan.

Budidaya udang vaname cukup mudah dilakukan karena jenis udang ini bisa dibudidayakan dengan air tawar. Udang vaname biasa dikenal juga dengan udang kaki putih. Udang ini hidup di air tawar dan dibudidayakan untuk dikonsumsi.

Udang vaname bisa memiliki nilai jual yang tinggi dan menguntungkan untuk bisnis. Tak heran jika sekarang udang ini mulai banyak ditemui di tambak udang. Berbeda dengan udang air asin lain yang lebih sulit untuk dibudidayakan.

Tips Budidaya Udang Vaname

Udang vaname lebih bisa bertahan hidup sehingga cukup mudah bagi peternak udang yang masih pemula. Anda membutuhkan kolam dengan air tawar yang bersih untuk membudidayakannya. Air harus diberi garam dan probiotik sebelum udang dimasukkan. Diamkan dulu selama satu hari lalu masukkan udang ke dalam kolam tersebut.

Budidaya Udang Vaname

Budidaya udang vaname sangat rawan terhadap penyakit yang ditimbulkan oleh parasit. Namun, faktor lain yang mengancam udang adalah binatang pemakan udang, bisa seperti ikan jenis lain, buaya atau burung.

Untuk udang yang dibudidayakan dalam tambak, masalah seperti ini lebih minim karena udang dijauhkan dari predator-predator yang bisa memangsanya.

Anda harus memperhatikan parasit yang bisa menempel ditubuh udang dan menyebabkan udang mati. Parasit ini bisa menyerang seluruh udang jika tidak segera dibersihkan. Biasanya parasit muncul karena air yang terlalu kotor atau sudah tidak layak untuk hidup udang.

Udang vaname membutuhkan air yang bersih dan berisi probiotik. Agar kesehatan udang vaname terjaga sebaiknya ganti air setiap tiga bulan sekali. Anda tidak perlu mengganti airnya terlalu sering karena bakteri probiotik yang menjadi makanan udang bisa ikut hilang.

Merawat udang vaname sebenarnya tidak sulit. Anda hanya perlu ketekunan dalam memperhatikan kondisi tambak atau kolam udang. Jika Anda lakukan dengan tekun maka hasilnya pasti akan memuaskan. Anda bisa melakukan panen udang vaname dengan lebih cepat saat udang bisa tumbuh dengan baik.

Itulah artikel tentangng budidaya udang vaname yang sebaiknya Anda perhatikan dengan baik.