Merawat Sepeda Elektrik itu Mudah Kok

Sepeda elektrik adalah kendaraan ramah lingkungan, dengan harga terjangkau. Sepeda listrik sangat membantu dalam aktifitas sehari-hari. Kendati demikian, setelah kamu membeli sepeda elektrik, kamu juga harus memastikan sepeda dalam keadaan yang baik setiap saat. Memelihara sepeda elektrik merupakan cara cerdas untuk menghemat uang, karena membeli yang baru dari waktu ke waktu bisa menghabiskan banyak uang. Lagipula, kebanyakan sepeda listrik bisa dengan mudah dirawat sendiri dan tidak memerlukan biaya besar.

Perawatan sepeda listrik berarti selalu menjaga sepeda dalam keadaan sebaik mungkin dan ini berbeda dengan merawat sepeda konvensional. Kamu bisa saja meminta bantuan ke toko sepeda listrik dalam hal perawatan tapi merawatnya sendiri sudah pasti lebih terjangkau. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ingat jika kamu ingin merawat sepeda elektrik tetap dalam kondisi prima.

Baterai

Baterai adalah salah satu komponen penting karena benda ini adalah sumber tenaga sepeda listrik. Oleh karena itu, kamu harus merawatnya dengan hati-hati. Pertama, kamu harus tahu bahwa menghabiskan baterai hingga benar-benar kosong bisa memperpendek usia pakai baterai tersebut. Jadi, ada baiknya kamu menyisakan sedikit tenaga saat kamu ingin mengecasnya kembali. Yang kedua adalah jangan pernah mengecas baterai semalaman. Kamu perlu tahu bahwa mengecas baterai semalaman akan merusak baterai itu sendiri. Yang ketiga, lindungi baterai dari hujan dan salju karena komponen kelistrikannya berpotensi rusak jika mereka terkena elemen tadi.

sepeda listrik

Bersihkan

Kotoran yang menumpuk bakal mengakibatkan kerusakan yang seharusnya tidak perlu, jadi bersihkan sepeda listrikmu secara rutin supaya bisa tetap digunakan dengan baik. Sewaktu membersihkan, kamu harus menyingkirkan kotoran, pasir dan lumpur yang melekat pada sepeda. O iya, jangan lupa melumasi rantainya. Dengan melakukan hal tersebut, sepeda listrik kamu bakal bergerak lebih cepat dan tidak berisik. Jadi, jika kamu punya waktu, kamu perlu membersihkan sepeda elektrik setiap kamu selesai menggunakannya.

Penyimpanan

Alih-alih membiarkan sepeda di luar terkena hujan dan debu, ada baiknya kamu simpan di tempat yang bersih dan kering. Jika baterainya basah, umurnya tidak akan bertahan lama.

Buku Manual Sepeda Listrik

Jika kamu tidak memiliki buku manual, tanyakan kepada penjual untuk memberikannya. Umumnya, buku manual sepeda elektrik memberikan informasi seputar prosedur perawatan. Di dalamnya, kamu bisa mempelajari lebih jauh seputar perawatan sepeda listrik yang kamu beli.

Jika kamu ingin menjaga sepeda listrik dalam kondisi baik, ikutilah langkah-langkah di atas. Melotronic.com