Menjelajahi Dataran Kedu di Yogyakarta

Paket Tour Jogja

Dataran Kedu atau biasa di sebut dengan Dataran Prambanan merupakan dataran vulkanik subur yang membentang luas antara Gunung Merapi di utara dan daratan rendah Bantul serta deretan Pegunungan Sewu di selatan, lembah Bengawan Solo di sisi timur dan Pegunungan Menoreh dan Sungai Progo di barat. Kawasan ini saat ini masuk dalam wilayah Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta, bagian utara Kabupaten Gunung Kidul yang merupakan wilayah dari Daerah Istemewa Yogyakarta. Selain itu juga membentang hingga Kabupaten Klaten di Jawa tengah.

Di kawasan inilah peradapan manusia tumbuh dan berkembang. Tanahnya yang subur akibat dari debu vulkanis dari Merapi membuat banyak orang yang membuka lahan pertanian di tempat ini. Menurut sejarah kawasan ini dikenal dengan nama Mataram dan menjadi pusat pemerintahan dari Kerajaan Medang atau Mataram Hindu Buddha pada kurun abad ke-8 hingga ke-10 M kemudian di lanjutkan pada periode Kesultanan Mataram pada abad ke-16 M. Selama lebih dari seribu tahun kawasan ini berperan penting dalam sejarah dan kebudayaan Jawa karena banyak diketemukan penginggalan-peninggalan arkeologi yang teramat penting. Terdapat ribuan bangunan candi yang dibangun pada periode Kerajaan Medang pada abad ke-9 sebelum pusat pemerintajan di pindah ke Jawa Timur oleh Mpu Sendok.

Peninggalan yang saat ini masih bisa disaksikan oleh para wisatawan adalah peninggalan berupa candi-candi yang berdiri kokoh di dataran ini. Sebut saja Candi Prambanan atau Candi Roro Jongrang yang terkenal dengan keindahan dan kemegahannya. Selain itu di daratan di sekitar Prambanan terdapat banyak candi Hindu-Buddha awal yang tercatat dalam sejarah Indonesia. Masih dalam satu komplek Candi Prambanan yang tidak jauh di sebelah utara terdapat reruntuhan candi Lumbung, Bubrah, dan Candi Sewu. Lebih ke timur lagi terdapat kompleks Candi Plaosan. Di bagian barat terdapat Candi Kalasan, Candi Sambisari dan Candi Sari. Sementara di atas perbukitan di selatan terdapat kompleks Situs Ratu Baka.

Kawasan ini amat kaya akan peninggalan bersejarah. Candi-candi seakan “berserakan” di kawasan ini menandakan bahwa kawasan ini pernah menjadi pusat kehidupan politik, agama, ekonomi dan sosial dalam sejarah peradapan bangsa Indonesia dan sekarang masyarakat dapat menyaksikan kehebatan para leluhurnya saat berkunjung ke kawasan ini dan menikmati paket tour candi Jogja.