MASJIDIL HARAM

Masjidil Haram adalah sebuah masjid yang ada di Makkah. Bangunan masjid yang tersuci bagi umat islam, Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji.

Masjidil Haram merupakan tanah suci di Kota Mekah. Yang salah satu tempat ibadah yang paling terkenal di dunia dan masjid yang terbesar di dunia dan dimana masjid ini dijadikan sebagai kiblat bagi seluruh umat Islam di dunia.

Masjid ini juga menjadi tempat bagi para jama’ah haji untuk melakukan  tawaf, dan sai. Konon masjid ini pertama di renovasi pada 692 Masehi (M).

 

 

ARSITEKTUR MASJIDIL HARAM

 

Masjid ini memiliki luas keseluruhan sekitar  356800 m2 (3841000 sq ft) dan mampu menampung 820.000 jama’ah ketika musim haji dan mampu menambah menjadi 2 juta jama’ah ketika shalat Id.

Pada masa dahulu, Masjidil Haram merupakan area kecil yang terbuka dengan ka’bah yang berada di tengah – tengah. Hingga pada akhir tahun 700 Masehi, pilar tua yang terbuat dari kayu telah diganti dengan pilar marmer, dan pada bagian sisi masjid untuk tempat shalat dilebarkan pada kedua sisinya yang bersamaan dengan dibangunnya menara.

Kemudian Masjidil Haram kembali di renovasi pada tahun 1570 Masehi oleh arsitek pribadi Sultan Salim II, yang membuat pergantian atap yang semula dengan menambahkan kubah – kubah yang didekorasi dengan kaligrafi di dalamnya dan pemberian pilar – pilar tambahan yang baru.

  • Memiliki 129 pintu masjid, dan untuk memasuki Masjidil Haram terdapat pintu utama dan 45 pintu yang biasanya buka selama 24 jam, masing – masing pintu memiliki nama, ada yang pintu bernama Shafa, Abbas, Ali, Darul Arqam, Nabi, Bani Syaibah. Pintu tersebut merupakan pintu berada di sekeliling pada Masjidil Haram. Pintu yang berjumlah 129 itu dilengkapi dengan lampu penunjuk yang bewarna merah dan hijau, masjid ini juga menyediakan 50 pintu khusus bagi yang penyandang cacat dan mereka yang tidak bisa berjalan.
  • Menara juga terdapat pada beberapa bagian atas dari pintu-pintu Masjidil Haram.

>

>

*Untuk informasi mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubah-surya.com

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.