Makanan yang Harus Dihindari dan Boleh Dikonsumsi Pasien Lupus

Penyakit lupus termasuk penyakit yang kronis dan gejala-gejalanya saja bahkan susah diketahui karena mirip dengan penyakit lainnya. Nggak heran lupus disebut sebagai penyakit seribu wajah. Yang menjadi masalah adalah penderitanya akan mengalami peradangan dan infeksi sehingga makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan.

Pasien lupus wajib banget tahu makanan apa saja yang nggak boleh dimakan dan mana yang boleh. Dengan tahu konsumsi makanan yang tepat, pengobatan yang sedang dijalani juga akan menjadi lebih gampang dilakukan. Tapi, sebenarnya nggak ada diet khusus yang dilakukan buat penderita lupus, hanya harus tetap memperhatikan gizi seimbangnya.

Dengan mengkonsumsi gizi yang seimbang, pasien lupus akan memiliki tulang yang tetap kuat, peradangannya nggak cepat parah, efek samping obatnya nggak banyak memberikan efek, dan berat badannya akan tetap ideal. Tapi, tetap ada beberapa makanan yang perlu dihindari dan boleh dimakan, seperti uraian ini.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Agar gejala-gejala yang muncul nggak terlalu parah, lebih baik penderita penyakit lupus mengkonsumsi makanan sebagai berikut.

  • Makanan berantioksidan tinggi

Orang penderita lupus pasti akan mengalami peradangan di beberapa bagian tubuhnya, sehingga perlu mengkonsumsi makanan tertentu agar bisa menekan peradangan tersebut. Makanan yang berantioksidan tinggi menjadi jenis makanan yang tepat buat dikonsumsi seperti buah-buahan mau pun sayuran.

  • Makanan Beromega 3

Nggak hanya makanan yang punya antioksidan yang tinggi saja yang bisa mengatasi peradangan, tapi juga omega 3. Karena penyakit lupus juga bisa memicu penyakit jantung dan stroke, makannya omega 3 sangat penting dikonsumsi agar bisa mencegahnya.

Makanan-makanan yang banyak mengandung omega 3 yakni tuna, sarden, dan salmon.

  • Makanan berkalsium dan bervitamin D tinggi

Tulang rapuh juga menjadi gejala lupus yang paling umum. Nggak hanya dari penyakit itu sendiri tapi juga dari efek samping obat yang dikonsumsinya. Makannya, agar bisa diatasi dengan baik, sebaiknya konsumsi makanan yang punya kalsium dan vitamin D yang tinggi.

Makanan yang berkalsium dan bervitamin D tinggi yaitu susu yang rendah lemak, bayam, brokoli, kacang kedelai, almond, dan kacang merah.

Makanan yang Wajib Dihindari

Ada beberapa makanan yang wajib dihindari buat penderita penyakit lupus, yaitu

  • Makanan berlemak jenuh

Lemak jenuh akan memicu penyakit jantung dan berbagai macam penyakit kronis lainnya. Jenis makanan yang mengandung lemak jenuh yaitu junk food dan makanan mau pun minuman yang sudah dalam kemasan.

  • Makanan bernatrium tinggi

Natrium tinggi akan memicu gejala lupus lainnya, sehingga harus dihindari. Makanan dalam

kemasan serta makanan yang punya kandungan garam yang tinggi wajib banget dihindari pasien lupus.

  • Makanan yang bercampur bawang

Meski bawang menjadi pelengkap yang lezat, tapi nggak baik buat penderita penyakit lupus. Bawang wajib banget dihindari karena bisa meningkatkan sel darah putih. Semakin banyak sel darahnya, maka akan semakin parah gejalanya.

Lebih baik hindari makanan yang bisa memicu gejala lupus lainnya. Justru harus semakin ditingkatkan makanan yang boleh dikonsumsi agar gejala-gejala dan efek samping dari pengobatannya bisa teratasi dengan baik. Jangan lupa imbangi dengan olahraga teratur agar bisa menekan gejalanya semakin lebih baik.