Keuntungan Berbisnis Properti

Keuntungan Berbisnis Properti

Seberapa layak bisnis properti untuk Anda tekuni? Temukan potensi, risiko, keuntungan berbisnis properti dan tips mengakali keuangan agar Anda bisa segera terjun ke sektor usaha yang menggiurkan ini.

Sebuah Bisnis Yang Menjanjikan
Properti, tidak diragukan lagi, adalah sektor bisnis yang menjanjikan. Setidaknya, separuh dari penduduk Indonesia saat ini sekitar 125 juta orang masuk dalam kategori calon pembeli properti pertama. Berusia di bawah 30 tahun, tengah merintis kemapanan ekonomi, diprediksi membutuhkan berbagai jenis properti untuk masa depannya. Sebut saja rumah saat berkeluarga, tempat usaha pribadi, atau unit-unit properti lainnya untuk kepentingan bisnis.

Penyelamat Value Uang Anda
Sudah menjadi pengetahuan bersama bahwa harga properti meroket seiring dengan naiknya inflasi. Sederhananya, bila Anda tidak menginvestasikan uang Anda dengan properti, value uang Anda akan terus menurun, walau nominalnya tetap sama.

Profit Berlipat Ganda
Sejumlah kota besar di Indonesia mempunyai catatan kenaikan nilai properti yang menggiurkan. Salah satunya adalah Jakarta. Sang ibukota, selain disebut-sebut memiliki performa pasar properti terbaik skala global, mengalami lonjakan harga properti yang dramatis. Pada tahun 2013, tiap kuartalnya terjadi kenaikan hingga 10 persen, dengan total 40 persen per tahun. Tak heran, harga tanah per meter persegi di Jakarta bernilai puluhan juta rupiah. Harga satu unit rumahnya saja bisa miliaran rupiah.

Hunian Sementara
Dengan berbisnis properti, Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan rumah, kantor, atau jenis hunian sementara lainnya. Untungnya, walaupun sudah Anda tinggali, properti tersebut tetap bisa dijual pada tahun-tahun berikutnya. Dibandingkan instrumen-instrumen investasi lainnya, hanya properti yang memiliki fungsi seunik ini.

Healthy Divident
Berbisnis properti mampu mendapatkan healthy dividend dan strong capital appreciation pada saat yang sama.

Investasi Meyakinkan dan Aman
Terakhir, investasi properti lebih meyakinkan daripada investasi lainnya. Properti juga adalah jenis investasi yang aman dari kemungkinan hilang. Anda tak perlu lagi cemas, sebagaimana kecemasan yang Anda derita ketika berinvestasi dengan emas, berlian, atau kertas saham.

Nah, kalau sudah begini, masihkah Anda ragu berbisnis properti? Memang, tidak ditutupi, investasi properti tidak untuk semua orang. Namun, jangan sampai Anda punya mindset bahwa bisnis ini hanya untuk mereka yang ber-budget ekstra besar, seperti para pengembang. Kenyataannya: tidak juga. Ada banyak opsi terjun ke bisnis properti tanpa harus menjadi developer. Beberapa caranya adalah menjual, membeli, atau menyewakan properti. Untuk mengakali anggaran, Anda bisa meminjam uang pada lembagalembaga keuangan yang bagus, mencari penawaran pembelian dengan cicilan ringan dengan memerhatikan periode pembayaran dan mempertimbangkan kestabilan likuiditas.

Hindari tindakan mengalokasikan seluruh uang Anda untuk investasi properti. Hitung dan perkirakan kondisi keuangan selama tiga sampai empat tahun ke depan. Walau berbisnis properti secara individual relatif aman, bukan berarti bebas risiko. Bagaimanapun, properti adalah produk bisnis yang unik. Jika sebuah perusahaan memproduksi 10 smartphone dengan tipe yang sama, maka bisa dipastikan fitur dan kualitasnya tak jauh berbeda. Hal yang sama tidak berlaku pada properti. Antara unit yang satu dengan yang lain itu beda, walau tipenya sama.

Alhasil, strategi marketingnya pun dibedakan. Risiko berikutnya adalah ketidakfleksibelan likuiditas. Harga properti relatif mahal. Jika Anda membeli properti untuk dijual, itu artinya Anda harus siap tidak punya uang tunai sejumlah dana yang diinvestasikan sampai mendapatkan konsumen. Tapi, jangan khawatir. Hari ini, dengan perkembangan teknologi online, Anda dapat berbisnis properti lebih mudah. Misalkan, dengan mengiklankan properti Anda ke e-marketplace khusus properti. Dengan distribusi informasi yang lebih luas, kemungkinan properti Anda laku lebih cepat dibandingkan cara-cara konvensional.

Terlebih lagi apabila properti yang anda jual ini sudah ada genset didalamnya, pembeli semakin banyak yang tertarik dengan properti yang anda tawarkan. Genset ini sangat dibutuhkan masyarakat karena energi listrik merupakan kebutuhan pokok sedangkan pasokan listrik dari pusat sering ada masalah. Maka dari itulah genset digunakan sebagai solusi yang palin baik sampai saat ini. Tidak ada salahnya anda mengajak kerjasama toko yang jual genset yanmar atau merek lain untuk memberikan dukungan pada bisnis properti anda.